Journal orientasi bisnis dan entrepeneurship
Vol 3, No 2 (2022): DESEMBER 2022

Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Warung Makan Geprek Jombang Di Kabupaten Jombang

Dani Agung Wicaksono (Politeknik Negeri Banyuwangi)
Nadia Maharani (Politeknik Negeri Banyuwangi)
Nurti Indah Sari Prakoso (Politeknik Negeri Banyuwangi)



Article Info

Publish Date
19 Jan 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan yang ada pada Warung Makan (WM) Geprek Jombang di Kecamatan Jombang, Kabupaten Jombang. Penelitian ini menggunakan 5 dimensi yang ada pada kualitas pelayanan yaitu kehandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), bukti fisik (tangible), jaminan (assurance), empati (empathy). Populasi pada penelitian ini yakni seluruh konsumen WM Geprek Jombang, penelitian menggunakan metode pengambilan data purposive sampling dengan total sampel yang diambil 120 sempel reponden. Metode ini digunakan untuk memilah responden sesuai dengan kriteria yang sudah ditentukan diantaranya umur minimal 17 tahun, dan memiliki rasio berkunjung minimal 2 kali dan hasil data tersebut diolah menggunakan bantuan SPSS 25 for windows. Hasil penelitian ini ditunjukkan oleh hasil uji F yang dimana nilai sig. 0,000 0,05 yang artinya variabel-variabel tersebut secara bersama-sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan Uji T menunjukkan hasil antara lain, daya tanggap, jaminan dan empati memiliki pengaruh signifikan terhadap variabel kepuasan konsumen. Variabel jaminan memiliki pengaruh paling dominan dibandingkan dengan variabel lainnya

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jobs

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Other

Description

JOBS adalah Jurnal Orientasi Bisnis dan Entrepreneurship secara periodik yaitu dua kali setahun pada bulan Februari dan Agustus oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas YARSI. JOBS memuat hasil riset baik berupa penelitian terapan, konsep, ataupun deskriptif. Artikel yang dimuat merupakan hasil ...