Pembelajaran daring memberikan tantangan baru untuk mahasiswa maupun dosen. Adaptasi pembelajaran lama ke pembelajaran dengan gaya baru cenderung masih memakai teknik pengajaran konvensional yang didigitalisasi. Pada saat yang sama segala aspek pembelajaran seperti kognitif, afektif, dan psikomotor dalam melaksanakan maupun menilai perlu dikonversi dengan gaya baru sesuai dengan perkembangan masa. Teknik pengajaran lama pembelajaran pra pandemi dinilai membosankan, kurang menarik, dan kesulitan fokus dalam ruang maya. Hal tersebut terjadi juga di Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia IKIP Siliwangi. Mahasiswa memberikan tanggapan dalam survei bahwa pembelajaran dirasa membosankan, sementara mata kuliah tersebut perlu praktik untuk bekal di lapangan sehingga peneliti mencari alternatif untuk meningkatkan keaktifan, minat belajar, dan insight baru dalam pembelajaran pada mahasiswa dengan menggunakan metode game based learning berbantuan platform Gather Town. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK), teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan angket. Berdasarkan hasil analisis data mengalami peningkatan dari siklus ke siklus dengan menunjukan hasil akhir rata-rata 90 dalam kategori sangat baik. Data menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan terhadap keaktifan mahasiswa yang dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode game based learning berbantuan gather town efektif meningkatkan keaktifan mahasiswa yang terintegrasi dalam pembelajaran keterampilan berbahasa memirsa
Copyrights © 2022