JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Vol. 6 No. 1 (2023): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)

Literasi Sains Siswa melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing

Nasir, Muh. (Unknown)
Muhamadiah, Muhamadiah (Unknown)
Indah, Sulistia (Unknown)
Irham, Irham (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jan 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lietrasi sains melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 10 Kota Bima. Desain penelitian menggunakan pos-test control groups only design. sampel dipilih menggunakan tehnik sampel jenuh, siswa kelas VIIa berjumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIb berjumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan soal tes literasi sains yang memuat indikator aspek konten sains, aspek konteks sains, dan aspek proses sains. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan literasi sains siswa pada aspek  konten  sains  kelas kontrol sebesar 58,01% pada kategori cukup, kelas eksperimen  sebesar 71,78% dalam kategori baik, pada aspek penguasaan  konteks  sains   kelas kontrol  masih  sangat  rendah  yakni 38,44% dan kelas eksperimen sebesar 78,22% dengan kategori baik, sementara aspek kemampuan proses sains persentase kelas kontrol sebesar 68,20% dengan kategori baik, dan kelas eksperimen sebesar 87,21% dengan kategori sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing berpengaruh terhadap kemampuan literasi sains siswa yang meliputi konten sains, konteks sains, dan proses sains siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIIP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

JIIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Jurnal ilmiah ber-ISSN yang difokuskan pada keilmuan pendidikan secara umum antara lain: Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Teknologi Informasi, Pendidikan ...