Journal of Biology Science and Education
Vol. 10 No. 2 (2022): Juli-Desember

Strategi Guru Biologi dalam Meningkatkan Kualitas Mengajar pada Masa Pandemi di SMA Negeri 1 Buko Selatan

Mega Erenza Febriani Umbara (Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako)
Andi Tanra Tellu (Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako)
Amran Rede (Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako)



Article Info

Publish Date
25 Dec 2022

Abstract

Guru berperan penting dalam peningkatan kualitas mengajar di sekolah, bukan hanya mengajar tetapi juga harus melaksanakan pendidikan dan pembinaan. Namun, pada masa pandemi ini pendidikan mengalami perubahan dengan adanya berbagai kebijakan dari pemerintah, sehingga guru dituntut untuk mempersiapkan diri memiliki keterampilan dan melakukan perubahan dalam mengkondisikan situasi pembelajaran didalam kelas maupun diluar kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru biologi dalam meningkatkan kualitas mengajar pada masa pandemi di SMA Negeri 1 Buko Selatan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru biologi berjumlah 2 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi guru biologi dalam meningkatkan kualitas mengajar di SMA Negeri 1 Buko Selatan dilakukan dengan pemanfaatan strategi pembelajaran secara online (daring). Dalam pelaksanaannya, dibuat perencanaan pembelajaran secara daring, dipadu dengan penggunaan media lainnya yang sesuai. Selain itu juga dilengkapi bahan ajar dalam bentuk modul, dan pemberian tugas melalui aplikasi whatsapp.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ejipbiol

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Environmental Science

Description

Botany, zoology, biosystematics, molecular genetics, biotechnology, biodiversity, microbiology, ecology, environmental sciences, and biology ...