Tulisan ini berisi tentang berbagai permasalahan pembelajaran yang sering terjadi di sekolah. Pembelajaran yang monoton, masih one way, berpusat pada guru, tidak menarik, yang akhirnya membuat peserta didik jenuh dalam pelaksanaannya menjadi contoh-contohnya. Tujuan Lesson Study adalah untuk meningkatkan profesional guru, maka Lesson Study menjadi salah satu solusi alternatif dalam pembelajaran. Lesson Study bukan sebagai suatu model atau metode, akan tetapi sebagai suatu upaya pembinaan yang dilakukan oleh guru pada saat proses pembelajaran berlangsung baik di dalam kelas atau-pun di luar kelas guna meningkatkan kualitas pendidikan. Peningkatan kualitas pendidikan harus terus diupayakan guna tercapainya tujuan pendidikan nasional. Studi pustaka serta hasil observasi tentang pelaksanaan pembelajaran di kelas menjadi metode yang digunakan dalam artikel ini. Lesson Study (LS) merupakan pembinaan profesi pendidik melalui pengkajian pembelajaran secara kolaboratif dan berkelanjutan berlandaskan prinsip-prinsip kolegalitas dan mutual learning untuk membangun learning community. Lesson study menyediakan suatu proses untuk berkolaborasi dan merancang lesson (pembelajaran) dan mengevaluasi kesuksesan strategis. Strategi mengajar yang telah diterapkan sebagai upaya meningkatkan proses dan perolehan belajar siswa. Guru bekerja sama untuk merencanakan, mengajar, dan mengamati suatu pembelajaran yang dikembangkannya secara kooperatif. Artikel ini akan membahasberkaitan dengan sejarahnya, hingga tahapan dalam pelaksanaanya.
Copyrights © 2020