Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis
Vol. 1 No. 12 (2022): Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis

Strategi pemasaran pada masa pandemi covid – 19 di hotel prama sanur beach: Marketing strategy during the covid-19 pandemic at hotel prama sanur beach

Alit Putra Sugiwiyadmeika (Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional)
I Made Trisna Semara (Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional)
Komang Shanty Muni Parwati (Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada bulan Januari sampai dengan bulan Juni. Penelitian ini dilakukan di Prama Sanur Beach Bali. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi yang digunakan pada masa pandemi Covid – 19 di Prama Sanur Beach Bali. Jenis data yang digunakan yaitu data kualitatif dan kuantitatif. Data primer diperoleh dari hasil wawancara, serta pemberian bobot dan rating yang dilakukan dengan penyebaran kuesioner kepada 4 responden dan hasil dari pemberian bobot dan rating tersebut akan digunakan untuk mendapatkan peluang serta ancaman dan perhitungan EFAS (External Factor Analysis Summary), dan untuk mendapatkan kekuatan serta kelemahan yang digunakan dalam pembuatan strategi dan perhitungan IFAS (Internal Factor Analysis Summary). Data sekunder diperoleh dari data statistik BPS Provinsi Bali, dokumen-dokumen atau arsip milik Prama Sanur Beach Bali, baik itu jumlah wisatawan yang datang pada tahun 2020/2021, bukti foto, literatur-literatur serta bahan bacaan yang terkait dengan penelitian ini. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif, analisis SWOT, IFAS, EFAS, kuadran, dan matriks SWOT. Strategi pemasaran yang dihasilkan pada diagram kuadran SWOT adalah titik sumbu X (internal) berada pada 0,49 dengan sumbu Y (eksternal) 0,42 yang berada pada kuadran 4, dimana Prama Sanur Beach harus menghadapi berbagai ancaman dan kelemahan internal. Strategi ini bersifat defensif strategi diterapkan dalam kondisi ini adalah tindakan penyelamatan sehingga dapat terlepas dari kerugian yang lebih besar (defensif). This research was conducted from January to June. Study this was done at Prama Sanur Beach Bali. The purpose of this study is to analyze the strategy used during the Covid-19 pandemic at Prama Sanur Beach Bali. Type The data used are qualitative and quantitative data. Primary data obtained from the results of interviews, as well as giving weights and ratings by distributing questionnaires to 4 respondents and the results of giving the weights and ratings will be used to get opportunities as well as threats and EFAS (External Factor) calculations Analysis Summary), and to get the strengths and weaknesses used in making strategies and calculating IFAS (Internal Factor Analysis Summary). Data secondary data obtained from BPS Bali Province statistics, documents or archives belonging to Prama Sanur Beach Bali, be it the number of tourists who come in 2020/2021, photographic evidence, literature and reading materials related to this research. Technique Data analysis used is descriptive qualitative method, SWOT analysis, IFAS, EFAS, quadrants, and SWOT matrices. The resulting marketing strategy on the diagram The SWOT quadrant is where the X axis (internal) is at 0.49 with the Y axis(external) 0.42 which is in quadrant 4, where Prama Sanur Beach must be face various internal threats and weaknesses. This strategy is defensive the strategy applied in this condition is a rescue action so that it can be released from a greater loss (defensive).

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

paris

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Paris memuat publikasi ilmiah di bidang pendidikan, pariwisata, bisnis dan kewirausahaan. dengan cakupan bidang sebagai berikut tetapi tidak hanya terbatas pada: 1. Pendidikan pariwisata, 2. Pengembangan kepariwisataan, 3. Pariwisata Berkelanjutan, 4. Pengentasan kemiskinan berbasis sumber daya ...