HEUTAGOGIA: Journal of Islamic Education
Vol. 2 No. 2 (2022)

Strategi Elaborasi Kepemimpinan Karismatik dalam Pendidikan Islam terhadap Generasi Intelektual Indonesia Abad 21

Eka Susi Sulistyowati (UIN Sunan Kaliaga Yogyakarta)
Hamruni (UIN Sunan Kalijaga)
Rasidin (UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minimnya gaya kepemimpinan pendidikan Islam di era abad ke-21 bagi generasi intelektual muda Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi elaborasi kepemimpinan karismatik bagi generasi intelektual muda emas guna mempersiapkan generasi yang siap untuk menjalankan lembaga pendidikan dengan segala tantangan di abad 21. Jenis penelitian ini  adalah kualitatif dengan pendekatan  library research. Sumber data diperoleh melalui sumber data primer berupa berupa artikel, buku, tesis, disertasi, dan sumber lain yang relevan. Teknik analisis data yang digunakan adalah content analysis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi kepemimpinan karismatik bagi generasi muda intelektual emas Indonesia dapat dijalankan dengan lima dimensi yaitu kepemimpinan berempati, kepercayaan diri, perilaku pengembangan citra diri, kepercayaan terhadap kompetensi bawahan, dan penciptaan peluang bagi pengikut untuk meraih kesuksesan. Implikasi dari penelitian adalah gaya kepemimpinan karimatik sebagai salah satu alternatif gaya kepemimpinan yang dapat diperankan oleh generasi intelektual muda dalam memimpin suatu lembaga agar menjadi lebih baik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

HJIE

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Aims and Scope The journal focuses its scope on the issues of Islamic Education. We invite scientists, scholars, researchers, as well as professionals in the field of Islamic Education to publish their researches in our Journal. The journal publishes high quality empirical and theoretical research ...