Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 5 No. 1 (2023): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Meta Analisis Pengaruh Model Pembelajaran terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMK

Aulya Chasovy (Universitas Negeri Padang)
Fadia kalma Lailani (Universitas Negeri Padang)
Febri Ananda (Universitas Negeri Padang)
Nizwardi Jalinus (Universitas Negeri Padang)
Rijal Abdullah (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
10 Jan 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tentang bagaimana pengaruh dari model pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Metode dari penelitian ini adalah meta analisis. Metode ini menggabungkan beberapa penelitian sebelumnya, dengan variabel penelitian yang sama, untuk mendapatkan suatu kesimpulan. Artikel yang dianalisis berjumlah 11 artikel, yang dikumpulkan melalui Google Scholar. Hasil akhir dari penelitian ini adalah didapatkannya nilai Effect size (ES) dari masing-masing variabel penelitian. Nilai ES dikelompokkan berdasarkan tiga kategori, yaitu berdasarkan tingkatan kelas, mata pelajaran, dan model pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis artikel yang sudah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran memiliki rata-rata Effect Size (ES) paling tinggi pada kelas X dengan nilai 2,084, penggunaan model pembelajaran pada mata pelajaran akutansi memiliki nilai rata-rata ES yang paling tinggi di antara yang lainnya yaitu sebesar 2,27, dan model pembelajaran yang memiliki nilai rata-rata ES tertinggi adalah Think Pair Share (TPS) dengan nilai 2,79.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...