Manajemen pembelajaran al-Qur’an melalui program I‘dãd Lugawy di Ma‘had al-Birr berjalan sesuai dengan tujuan dan harapan Ma’had. Penerapan fungsi manajemen berupa perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi telah terlaksana dengan baik. Perencanaan pembelajaran berjalan sesuai dengan silabus dan RPS, pengorganisasian dan pelaksanaan pembelajaran di ruang kelas dilakukan oleh dosen dengan membagi mahasiswa dalam beberapa kelompok dan memuraja’ah hafalan sebelum disetorkan ke dosen, dan di akhir pembelajaran dilakukan evaluasi perpekan, saat UTS dan UAS. Faktor kendala penerapan manajemen pembelajaran alQur’an di Ma’had al-Birr terdiri dari 2 faktor yaitu : pertama; input mahasiswa yang tidak diseleksi, semua yang mendaftar diterima baik mampu membaca alQur’an maupun tidak mampu, kedua; faktor lingkungan mahasiswa yang tinggal di luar asrama, pengajar tidak dapat mengontrol hafalan mereka sebagaimana mahasiswa berasrama. Faktor pendukung penerapan manajemen pembelajaran al-Qur’an terdiri dari dosen yang ahli dalam bidangnya, kurikulumnya berbahasa arab, sarana dan prasarana yang dimiliki cukup lengkap, dana atau anggaran yang mencukupi kebutuhan operasional, dan manajemen kepemimpinan
Copyrights © 2022