Dewasa ini masalah peran kepala sekolah dalam pelaksanaan manajemen berbasis sekolah bukanlah masalah baru lagi yang terjadi di setiap satuan pendidikan. Kepala sekolah adalah penentu maju dan mundurnya sebuah sekolah. Jika Kepala sekolah tidak menjalankan peran dan tugasnya sebagai pemimpin, maka sekolah itu dipastikan akan mengalami kemunduran dan kemerosotan baik dalam bidang kualitas maupun kualitaspendidikannya. Adapun rumusan masalah bagaimana profesionalisme kepala sekolah dalam pelaksanaan manajemen berbasis sekolah di SMA Negeri 1 Ulugawo Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan profesionalisme kepala sekolah dalam pelaksanaan manajemen berbasis sekolah. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif.Analisis data yang dilakukan melalui tiga alur kegiatan (1) Reduksi data, (2) Penyajian data, (3) Penarikan kesimpulan.Berdasarkan hasil temuan di lapangan, bahwa peran kepala sekolah dalam pelaksanaan manajemen berbasis sekolah sudah profesional.Kepala sekolah menjadi teladan, motivator bagi tenaga pendidik dan tenaga kependidikan, dan pengajuan proposal perbaikan rehap gedung serta pengadaan sarana prasarana pendidikan.Sehingga menjadi daya tarik masyarakat (peserta didik) sekitar untuk bersekolah di SMA Negeri 1 Ulugawo. Peneliti simpulkan bahwa kepala sekolah sudah melaksanakan perannya di bidang kepemimpinan, memotivasi guru, dan perbaikan sarana prasarana pendidikan dengan baik dalam pelaksanaan manajemen berbasis sekolah. Peneliti menyarankan hendaknya kepala sekolah terus meningkatkan profesionalismenya dalam menjalankan perannya supaya eksistensi lembaga pendidikan semakin diakui dan dipercaya oleh masyarakat.
Copyrights © 2022