Situasi covid-19 saat ini, proses pembelajaran dilakukan secara daring, Pembelajaran daring memiliki hambatan dan tantangan tersendiri, hambatan terjadi bagi guru yaitu banyak siswa yang sengaja tidak mengikuti pembelajaran daring disebabkan tidak memiliki kuota internet untuk mengakses pembelajaran sehingga siswa tersebut tertinggal dan tidak mendapatkan nilai selain itu masih ada beberapa siswa yang tidak memiliki fasilitas seperti handphone untuk melakukan kegiatan pembelajaran, hal ini menjadi sebuah hambatan pada proses pembelajaran yang dapat menurunkan aktivitas belajar peserta didik. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh pandemi covid-19 terhadap aktivitas belajar siswa.Jenis penelitian yang digunakan kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Instrumen penelitian adalah angket.Hasil penelitian diperoleh thitung= 9,073 >ttabel = 2,048 atau hipotesis diterima (Ha). Kesimpulan penelitian adalah hipotesis penelitian diterima (Ha) yang artinya ada pengaruh pandemi covid-19 terhadap aktivitas belajar siswa. Pengaruh positifnya mendapatkan materi dengan mudah dan belajar mengevaluasi pembelajaran sendiri, sedangkan pengaruh negatifnya, saat proses pembelajaran daring pesan yang disampaikan tidak tersampaikan dengan baik, kurang berinteraksi dengan guru, keterbatasan kuota internet, fasilitas yang minim, gangguan sinyal, dan belum menguasai aplikasi secara menyeluruh.Saran peneliti:1) Bagi siswa, yang sudah melakukan aktivitas belajar secara baik, agar kiranya dipertahankan dan bagi siswa yang aktivitas belajar masih belum maksimal kiranya bisa di tingkatkan secara perlahan agar bisa terbiasa. 2) Bagi guruhendaknya mengevaluasi kembali strategi dalam pembelajaran di masa pandemi covid-19 untuk meningkatkan aktivitas belajar. 3) Bagi orangtua, selama pandemi covid-19 hendaknya orangtua memberikan perhatian dan pendampingan selama pembelajaran daring agar aktivitas belajar siswa dapat berjalan dengan baik.
Copyrights © 2022