Al-Miskawaih: Jurnal Prodi PAI STIT Pemalang
Vol 1 No 1 (2020): Edisi Mei 2020

Pengaruh Media Pembelajaran Macromedia Flash 8 Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Islam Bantarbolang

Isma Rizqi Nurrohmah (STIT Pemalang)
Srifariyati (STIT Pemalang)



Article Info

Publish Date
04 May 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran macromedia flash 8 terhadap hasil belajar siswa pada mapel Pendidikan Agama Islam tema meyakini Kitab-Kitab Allah SWT di Kelas VIII SMP Islam Bantarbolang. Jenis penelitian ini kuantitatif dengan metode penelitian wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi. Sample penelitian terdiri dari dua variabel, yaitu variabel X dengan analisis deskriptif pengaruh media pembelajaran macromedia flash 8 dan variabel Y dengan analisis deskriptif hasil belajar siswa pada mapel Pendidikan Agama Islam. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa angket yang diberikan setelah siswa memahami isi dari media pembelajaran macromedia flash 8. Setelah itu penulis memberikan point-point pertanyaan untuk melihat sejauh mana siswa memperoleh hasil belajar dengan efektif, penulis menggunakan proses penilaian formatif di akhir pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan media pembelajaran Macromedia Flash 8 dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Rata-rata nilai angket siswa dan nilai hasil belajar didapat bahwa tidak ada pengaruh media pembelajaran macromedia flash 8 terhadap hasil belajar siswa dari hipotesis. Berdasarkan hasil perhitungan korelasi diperoleh rhitung sebesar 0,00003 dan setelah dikonsultasikan pada rtabel dengan N = 31 taraf signifikasi 5% maka rhitung< rtabel atau (0,00003) < (0,367) karena rhitung lebih kecil dari rtabel. Yang dapat ditunjukan oleh prosentase nilai rata-rata memperoleh rentang nilai hasil belajar siswa berdasarkan data tertinggi memperoleh nilai 80 yaitu terletak pada interval 79-80. Dengan demikian terjadi peningkatan hasil belajar yang signifikan antara sebelum dan sesudah pembelajaran berlangsung. Jadi hasil uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh media pembelajaran macromedia flash 8 terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam tema meyakini kitab-kitab Allah SWT di Kelas VIII SMP Islam Bantarbolang.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

al-miskawaih

Publisher

Subject

Religion Decision Sciences, Operations Research & Management Education Other

Description

Al-Miskawaih adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) STIT Pemalang, yang memiliki fokus kajian tentang pendidikan dan pengembangan keilmuan pada bidang ilmu Pendidikan Agama Islam pada jenjang pendidikan. Setiap edisi yang diterbitkan, mengangkat ...