Al-Miskawaih: Jurnal Prodi PAI STIT Pemalang
Vol 1 No 1 (2020): Edisi Mei 2020

Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Video Materi Wudhu di MTs Nurul Ulum Warureja Tegal

Windi Maryanti (STIT Pemalang)
Nisrokha (STIT Pemalang)
Wahyudin (STIT Pemalang)



Article Info

Publish Date
04 May 2020

Abstract

Penelitian Implementasi media pembelajaran berbasis video di MTs Nurul Ulum Warureja dilatarbelakangi oleh adanya beberapa problematika yang ditemui di lapangan yaitu sistem pembelajaran yang konvensional, yang hanya menggunakan metode ceramah sehingga membuat siswa merasa bosan ketika menerima pelajaran dan suasana kelas menjadi tidak aktif khususnya pada mata pelajarn Fiqih. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pemahaman siswa tentang urutan tata cara wudhu pada siswa kelas VII B di MTs Nurul Ulum Kecamatan Warureja? 2) Bagaimana pemanfaatan media vidio dalam pemahaman tentang tata cara wudhu pada siswa kelas VII B di MTs Nurul Ulum Kecamatan Warureja? 3) Bagaimana kelebihan dan kekurangan penggunaan media vidio dalam pembelajaran Fiqih pada siswa kelas VII B di MTs Nurul Ulum Kecamatan Warureja?. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif, Sumber data diperoleh meliputi: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di kelas VII B MTs Nurul Ulum Warureja. Hasil penelitian ini adalah 1) pemahaman siswa mengenai urutan tata cara wudhu pada siswa kelas VII B di MTs Nurul Ulum Warureja setelah menerapkan media video sudah cukup baik. Hal ini terbukti dari hasil nilai praktik wudhu khususnya di kelas VII B. 2) Pemanfaatan media video dalam pembelajaran Fiqih adalah salah satunya memberikan pengalaman baru dalam penyampaian materi. Siswa menunjukkan semangat dalam pembelajaran Fiqih diantaranya siswa menjadi antusias dalam proses pembelajaran, dan aktif ketika guru memberikan pertanyaan. 3) Kelebihan penggunaan media video pada mata pelajaran Fiqih siswa kelas VII B MTs Nurul Ulum Warureja diantaranya beberapa siswa menyatakan bahwa penggunaan media video dapat membuatnya paham ketika menerima materi pelajaran, dapat membuat siswa lebih semangat belajar, dan pembelajaran lebih menarik. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media video dalam proses pembelajaran tidak memiliki kesulitan baik bagi guru maupun bagi siswa.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

al-miskawaih

Publisher

Subject

Religion Decision Sciences, Operations Research & Management Education Other

Description

Al-Miskawaih adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) STIT Pemalang, yang memiliki fokus kajian tentang pendidikan dan pengembangan keilmuan pada bidang ilmu Pendidikan Agama Islam pada jenjang pendidikan. Setiap edisi yang diterbitkan, mengangkat ...