Penelitian ini dilatar belakangi bahwa guru Pendidikan Agama Islam memiliki peranan penting mempersiapkan anak didiknya memiliki pengetahuan dan berakhlak mulia sesuai ajaran Al-Qur’an dan As-Sunah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh guru Pendidikan Agama Islam di SMP Islam Terpadu Attawaazun Pemalang Tahun Ajaran 2018-2019. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Sumber data diperoleh meliputi wawancara, dokumentasi, dan kuesioner. Teknis analisisnya yaitu dengan uji korelasi Product Moment. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi dan observasi dengan menggunakan Purposive Sampling di kelas VIII yang berjumlah 15 siswa. Hasil penelitian yang diperoleh; pertama, pembelajaran guru Pendidikan Agama Islam di SMP Islam Terpadu Attawaazun Pemalang menunjukkan hasil rata-rata 65 yaitu terletak pada interval 41-70 dengan kategori “Cukup/Sedang”. Prestasi siswa berdasarkan nilai raport mata pelajaran Pendidikan Agama Islam menunjukkan hasil rata-rata 88 yaitu terletak pada interval 71-90 dengan kategori “Baik”. Kedua, data uji terkait hubungan antara dua variabel menggunakan perbandingan rtabel dengan rhitung pada data variabel pengaruh guru Pendidikan Agama Islam terhadap prestasi belajar siswa diperoleh rhitung 0,0002 dan setelah dikonsultasikan pada rtabel dengan N=18 taraf signifikasi 5% maka rhitung< rtabel atau (0,0002) < (0,468). Karena rhitung lebih kecil dari nilai rtabel maka hipotesis nilai (HO) terbukti “tidak ada pengaruh yang signifikan antara pengaruh guru pendidikan agama islam dengan prestasi belajar siswa kelas VIII di SMP Islam Terpadu Attawaazun Pemalang Tahun Ajaran 2018-2019”.
Copyrights © 2020