Al-Miskawaih: Jurnal Prodi PAI STIT Pemalang
Vol 1 No 1 (2020): Edisi Mei 2020

Pengaruh Kecerdasan Emosional Peserta Didik Terhadap Hasil Belajar PAI di SMP Darul Ulum Pemalang.

Ni’am Ulil Ahlam (STIT Pemalang)
Puji Dwi Darmoko (STIT Pemalang)
Ahmad Hamid (STIT Pemalang)



Article Info

Publish Date
04 May 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kecerdasan emosional pesera didik Kelas VIII SMP Darul Ulum Pemalang, mengetahui hasil belajar PAI kelas VIII SMP Darul Ulum Pemalang serta mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar PAI peserta didik kelas VIII di SMP Darul Ulum Pemalang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini meliputi kecerdasan emosional (variable bebas) dan hasil belajar (variabel terikat). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kela VIII di SMP Darul Ulum Pemalang sedangkan sampel dalam penelitian ini sebanyak 29 peserta dididk yang diambil secara acak Instrumen dalam penelitian ini menggunakan kuesioner atau angket untuk mengetahui kecerdasan emosional dan instrumen untuk mengetahui hasil belajar adalah dengan dokumentasi. Terknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistika deskriptif dan analisis statistika inferensial dengan menggunakan analisa regresi sederhana.Dari hasil penelitian, diperoleh nilai R Square (koefisien determinasi) sebesar 0,095. Ini berarti bahwa sumbangan efektif yang diberikan oleh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar sangat kecil, yaitu sebesar 9,5%, sedangkan sisanya yaitu 94,5% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Persamaan regresi pada pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar adalah Y= 89,424 + (-0,239x). Dari hasil uji hipotesis dengan uji parsial diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,104 dimana nilai signifikansi lebih besar dari 0,05 (0,104 > 0,05).dan nilai Thitung sebesar (-1,648), sedangkan nilai Ttabel untuk n (jumlah responden) = 29 sebesar (2,051). Maka diperoleh Thitung (-1,648) < Ttabel (2,051) yang artinya bahwa Ho diterima dan H1 ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kecerdasan emosional tidak berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar PAI kelas VIII di SMP Darul Ulum Pemalang.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

al-miskawaih

Publisher

Subject

Religion Decision Sciences, Operations Research & Management Education Other

Description

Al-Miskawaih adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) STIT Pemalang, yang memiliki fokus kajian tentang pendidikan dan pengembangan keilmuan pada bidang ilmu Pendidikan Agama Islam pada jenjang pendidikan. Setiap edisi yang diterbitkan, mengangkat ...