JURNAL INTEGRASI PROSES
VOLUME 5 NOMOR 2 Juni 2015

ANALISA PENGARUH GEOMETRI TINGGI KONIS DAN DIAMETER HIDRAULIK ASH HOPPER TERHADAP KINERJA SIKLON PERSEGI MENGGUNAKAN METODA CFD (COMPUTATIONAL FLUID DYNAMIC)

Novi Sylvia (Jurusan Teknik Kimia, Fakultas Teknik Universitas Malikussaleh)
Maryana Maryana (Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknik Universitas Malikussaleh)
Elwina Elwina (Jurusan Teknik Kimia Politeknik Negeri Lhokseumawe)
Yazid Bindar (Departemen sistem energi dan proses, Fakultas Teknik Industri, Institut Teknologi Bandung)



Article Info

Publish Date
19 Jun 2015

Abstract

Artikel ini memaparkan hasil penelitian yang diperoleh melalui aplikasi dinamika fluida komputasi (Computational Fluida Dynamic,CFD) untuk mensimulasi medan alir di dalam siklon persegi. Perangkat lunak Gambit digunakan sebagai pre-processor untuk menggambar konfigurasi, diskritisasi, dan pendefinisian kondisi batas siklon. Panjang sisi siklon yang digunakan 0,2 m menyesuaikan dengan diameter siklon silinder Lapple, dengan kondisi operasi  ditentukan pada laju alir gas sebesar 0,1m3/s sementara beban partikel dalam  laju alir gas sebesar 0,01kg/m3. Perangkat lunak CFD FLUENT 6.2.16 digunakan untuk simulasi medan alir dan dinamika partikel dalam siklon. Model turbulensi dalam katagori Reynolds Averaged Navier Stokes (RANS)  yang diuji Reynolds Stress Model (RSM). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh geometri dengan menvariasikan perbandingan tinggi konis Lc/a 1,75; 2,0; 2,25 dan perbadingan diameter hidraulik ash hopper  B/a 0,1; 0,125; 0,15 pada siklon persegi  terhadap kinerja siklon persegi. Kinerja siklon dikaji melalui efisiensi dan penurunan tekanan. Hasil penelitian ini diperoleh efisiensi tertinggi yaitu 90,35% dengan kecepatan alir umpan 20 m/s dan nilai kehilangan tekanan terendah(Pressure Drop) 13747,044 Pa dengan kecepatan alir umpan 5 m/s pada siklon persegi yang mempunyai perbandingan tinggi konis Lc/a 2,25 dan perbandingan diameter hidraulik ash hopper B/a 0,15.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

JIP

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal integrasi proses (JIP) diterbitkan oleh Jurusan Teknik Kimia Universitas Sultan Ageng Tirtayasa dua kali dalam setahun. JIP menerima artikel dalam bidang teknik kimia berupa original research papers, reviewed papers dan short communications dari para peneliti, akademisi, industri dan ...