Penelitian ini bertujuan untuk memperjelas peran bimbingan dan motivasi belajar sebagai variabel mediasi terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Katolik (SMPK) Santu Fransiskus Xaverius Ruteng tahun 2020. Tujuan ini dicapai dengan melakukan studi korelasional pada 66 orang siswa. Data bimbingan belajar dan motivasi belajar diambil menggunakan angket, sedangkan data prestasi belajar matematika siswa diperoleh dari studi dokumentasi. Aplikasi SPSS versi 22 digunakan untuk membantu analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif antara bimbingan belajar dengan prestasi belajar matematika siswa. Terdapat hubungan yang positif antara motivasi belajar dengan prestasi belajar matematika siswa. Secara keseluurhan terdapat hubungan yang positif antara bimbingan belajar dan motivasi belajar dengan prestasi belajar matematika siswa. Dengan demikian jelas bahwa bimbingan belajar dan motivasi belajar memediasi prestasi belajar siswa. Hasil ini sebagai informasi penting bari para guru untuk memaksimalkan bimbingan belajar dan memberikan motivasi belajar kepada siswa untuk memaksimalkan prestasi belajarnya.
Copyrights © 2022