JOURNAL OF SONGKE MATH
Vol. 5 No. 2 (2022): December

HUBUNGAN ANTARA BIMBINGAN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP

Emilianus Jehadus (Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng)
Eufrasia Jeramat (Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng)
Selvianus San (Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng)
Lediana Setian (Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng)



Article Info

Publish Date
13 Jan 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperjelas peran bimbingan dan motivasi belajar sebagai variabel mediasi terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Katolik (SMPK) Santu Fransiskus Xaverius Ruteng tahun 2020. Tujuan ini dicapai dengan melakukan studi korelasional pada 66 orang siswa. Data bimbingan belajar dan motivasi belajar diambil menggunakan angket, sedangkan data prestasi belajar matematika siswa diperoleh dari studi dokumentasi. Aplikasi SPSS versi 22 digunakan untuk membantu analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif antara bimbingan belajar dengan prestasi belajar matematika siswa. Terdapat hubungan yang positif antara motivasi belajar dengan prestasi belajar matematika siswa. Secara keseluurhan terdapat hubungan yang positif antara bimbingan belajar dan motivasi belajar dengan prestasi belajar matematika siswa. Dengan demikian jelas bahwa bimbingan belajar dan motivasi belajar memediasi prestasi belajar siswa. Hasil ini sebagai informasi penting bari para guru untuk memaksimalkan bimbingan belajar dan memberikan motivasi belajar kepada siswa untuk memaksimalkan prestasi belajarnya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jsm

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Journal of Songke Math(JSM) is a peer-reviewed open access journal published twice in a year (June and December). The JSM aims to provide an international forum for researchers and professionals to share their ideas on all topics related to mathematics education. It publishes its issues in an online ...