Penetrasi internet di Indonesia telah mencapai 77,02% pada kuartal pertama tahun 2022. Internet dan media sosial adalah medium yang baik bagi proses komunikasi dan kampanye politik. Dengan pertumbuhan jumlah pengguna, media sosial TikTok menjadi alat strategis baru bagi para aktor politik untuk mendorong narasi politik. Salah satu politisi Indonesia sekaligus pejabat negara yang memanfaatkan media sosial TikTok adalah Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah dua periode (2013-2023). Ganjar Pranowo dipilih untuk dikaji karena elektabilitasnya berada di posisi tiga besar pada bulan Juni 2022. Penelitian ini bertujuan untuk memahami PR politik Ganjar Pranowo melalui media TikTok. Penelitian ini disusun menggunakan metode kualitatif deskriptif. Hasil yang ditemukan: Sebuah tim bernama "Tim Udara" dibentuk pada November 2021 dan dikelola secara khusus oleh relawan Ganjar yang berbasis di Jakarta. Pengelolaan media sosial dilakukan secara terstruktur dan terorganisir, dan semua konten pesan disiapkan secara komprehensif. Tim juga melakukan kegiatan kehumasan politik seperti pengelolaan media, pengelolaan citra, komunikasi internal, dan pengelolaan informasi. Konten video diunggah sebagai strategi pembentukan citra politik Ganjar Pranowo. Pesan-pesan dalam video tersebut menunjukkan persona Ganjar Pranowo yang dekat dengan masyarakat, melakukan pekerjaan nyata, menyeimbangkan kehidupan dunia dengan spiritualitas, menunjukkan empati sosial, ramah terhadap isu keberagaman anak-perempuan dan responsif terhadap masalah
Copyrights © 2022