Proceeding Seminar LPPM UMP Tahun 2014
2014: Proceeding Seminar Hasil Penelitian LPPM 2014, 6 September 2014

Hubungan Media Massa Dengan Kesadaran Politik Pemilih Pemula Di Kabupaten Banyumas Dalam Pemilihan Umum Presiden Dan Wakil Presiden Tahun 2014

Fajar, Wildan Nurul ( 2Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universita Muhammadiyah Purwokerto. Jl Raya Dukuhwaluh, PO Box 202 Purwokerto 53182)
Faridli, Efi Miftah ( 2Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universita Muhammadiyah Purwokerto. Jl Raya Dukuhwaluh, PO Box 202 Purwokerto 53182)



Article Info

Publish Date
06 Sep 2014

Abstract

ABSTRAKPemilih Pemula adalah warga negara yang baru pertama kali akan menggunakan hak pilihnya di dalam kegiatan Pemilihan Umum. Usia muda ini merupakan usia yang produktif dan terbukti dalam sejarah dapat berperan besar mengadakan perubahan besar bagi bangsa dan negaranya. Media massa harus dapat menjaga marwah independensi pada Pilpres 2014 untuk dapat memberikan pendidikan politik yang baik pada para pemilih pemula dalam membentuk kesadaran politik mereka. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan Media Massa dengan Kesadaran Politik Pemilih Pemula di Kabupaten Banyumas dalam Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2014.  Jenis penelitian ini adalah penelitian non experimental yaitu deskriptif analitik korelasional dengan menggunakan pendekatan cross sectional.  Ada hubungan positif antara media massa dengan kesadaran politik pada pemilih pemula di Kabupaten Banyumas, dengan signifikasi korelasi r =0, 0,379  dengan nilai p = 0.000 < p tabel (0,05) yang artinya semakin baik tingkat penerimaan media masa diikuti pula oleh meningkatnya kesadaran politik pada pemilih pemula di Kabupaten Banyumas.  Kata Kunci: Kesadaran Politik, Media Massa, Pemilih Pemula, Pemilu Presiden dan Wakil Presiden.

Copyrights © 2014