Proceeding Seminar LPPM UMP Tahun 2014
2014: Proceeding Seminar Nasional LPPM 2014, 20 Desember 2014

Penerapan Penilaian Autentik Sebagai Upaya Memotivasi Belajar Peserta Didik

Kusmijati, Neneng ( SMP Negeri 2 Purwokerto Jl. Gereja No.20 Purwokerto)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2014

Abstract

Upaya mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas diantaranya dapat dinilai dari hasil belajar peserta didik. Salah satu faktor penting yang dapat mempengaruhi hasil belajar peserta didik adalah motivasi belajar. Adanya motivasi belajar yang kuat membuat peserta didik belajar dengan tekun dan pada akhirnya terwujud dalam hasil belajar. Berbagai upaya dilakukan oleh guru dalam upaya memotivasi belajar peserta didik, salah satu diantaranya adalah dengan melakukan penilaian hasil belajar. Akan tetapi pengertian dan cara mengukur hasil belajar yang valid dan reliabel, masih menjadi bahan perbincangan yang belum berkesudahan. Oleh karena itu berbagai teknik dan bentuk penilaian dibuat untuk memperoleh hasil belajar peserta didik yang dapat dipertanggungjawabkan serta benar-benar dapat menggambarkan kemampuan peserta didik secara utuh. Makalah ini membahas tentang pengertian dan teknik mengukur mutu pembelajaran. Makalah ini merupakan penelitian kepustakaan, dan sifat penelitiannya adalah deskriptif-analisis. Adapun pendekatan yang digunakan adalah pendekatan filosofis dan pedagogis. Penelitian ini menggunakan sumber data sekunder, sedangkan pengumpulan datanya menggunakan metode dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi (content analysis). Hasil analisis didapatkan simpulan bahwa penilaian autentik dapat dipakai oleh guru dalam memotivasi belajar peserta didik. Hasil penilaian autentik akan menstimulasi tindakan siswa. Dengan merencanakan secara sistematik sejak pretes sampai ke postes, guru dapat membangkitkan motivasi peserta didik untuk tekun belajar secara kontinu. Kata-kata kunci: penilaian autentik, motivasi belajar.

Copyrights © 2014