Proceeding Seminar LPPM UMP Tahun 2014
2014: Proceeding Seminar Nasional LPPM 2014, 20 Desember 2014

Loyalitas Konsumen Pengguna Jasa Wisata Berkaitan Dengan Pengetahuan Experiential Marketing Dan Kepuasan Konsumen

Yuningsih, Erni ( Fakultas Ekonomi Universitas Djuanda Bogor)
Gemina, Dwi ( Fakultas Ekonomi Universitas Djuanda Bogor)
Silaningsih, Endang ( Fakultas Ekonomi Universitas Djuanda Bogor)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2014

Abstract

Dalam era globalisasi sekarang ini, bidang pariwisata merupakan salah satu kegiatan yang mempunyai peranan yang sangat strategis dalam menunjang pembangunan perekonomian nasional. Tujuan penelitian ini: 1) menganalisis pengaruh pengetahuan experiential marketingdan kepuasan konsumen secara simultan terhadap loyalitas konsumen pengguna jasa wisata; 2) menganalisis pengaruh pengetahuan experiential marketingdan kepuasan konsumen secara parsial terhadap loyalitas konsumen pengguna jasa wisata; 3) menganalisis faktor-faktor yang mendorong dan menghambat terhadap loyalitas konsumen pengguna jasa wisata.  Metode penelitian survey dan bentuk penelitian verifikatif. Penelitian ini melibatkan wisatawan sebanyak 200 responden dengan metode purposive sample. Obyek wisata sebanyak tiga belas tempat wisata dan data sekunder diperoleh dari BPS dan dokumen-dokumen serta studi pustaka. Hasil penelitian terdapat Secara bersama-sama sense, feel, think, act dan relateserta kepuasan konsumen memberikan pengaruh tehadap Loyalitas Konsumenpengguna jasa wisata. Secara parsial relate dan kepuasan konsumen memberikan pengaruh terhadap loyalitas konsumen pengguna jasa wisata. Sedangkan sense, feel, thinkdan act tidak memberikan pengaruh terhadap  loyalitas konsumen pengguna jasa wisata.Kata Kunci: Experiential Marketing, Kepuasan Konsumen dan Loyalitas Konsumen 

Copyrights © 2014