EDUCASIA : Jurnal Pendidikan, Pengajaran, dan Pembelajaran
Vol 6 No 2 (2021): EDUCASIA

Efektivitas Penggunaan Alat Peraga Gambar Tumbuhan pada Mata Pelajaran IPA terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar

Hajriana Hajriana (UIN Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda)
Khusnul Khotimah (UIN Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda)
Siti Maulidah (UIN Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda)
Siti Nasi'ah (UIN Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda)



Article Info

Publish Date
10 Dec 2021

Abstract

Pentingnya penggunaan alat peraga gambar diajarkan di Sekolah Dasar. Perlu diketahui sebagian besar di sekolah hanya mengajarkan mata pelajaran IPA hanya dengan metode Konvensional sehingga dalam kegiatan belajar akan terasa jenuh sehingga dengan adanya penggunaan alat peraga gambar, pelajaran akan lebih kondusif, menyenangkan dan efektif. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui sejauh mana Efektifitas Penggunaan alat Peraga Gambar pada materi Struktur Tumbuhan dan Fungsinya terhadap Hasil Belajar IPA Siswa kelas IV SDN 012 Muara Badak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen (Quasi Eksperimen Research, sedangkan desain penelitiannya menggunakan Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 012 muara badak yang berjumlah 58 Siswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kelompok eksperimen nilai rerata pretest sebesar 68,97 dan nilai posttest sebesar 79,03. Pada kelompok kontrol diperoleh nilai rerata pretest sebesar 71,59 dan nilai posttest sebesar 71,86. Hasil uji hipotesis posttest kelompok eksperimen dan kontrol menunjukkan bahwa uji t hitung >t tabel dengan nilai 2,147 > 2,003 (nilai Df 56) atau nilai signifikansi 0,036<0,05, artinya ada perbedaan yang signifikan pada hasil post-test kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan alat peraga gambar dalam pembelajaran memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 012 Muara Badak.Pentingnya penggunaan alat peraga gambar diajarkan di Sekolah Dasar. Perlu diketahui sebagian besar di sekolah hanya mengajarkan mata pelajaran IPA hanya dengan metode Konvensional sehingga dalam kegiatan belajar akan terasa jenuh sehingga dengan adanya penggunaan alat peraga gambar, pelajaran akan lebih kondusif, menyenangkan dan efektif. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui sejauh mana Efektifitas Penggunaan alat Peraga Gambar pada materi Struktur Tumbuhan dan Fungsinya terhadap Hasil Belajar IPA Siswa kelas IV SDN 012 Muara Badak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen (Quasi Eksperimen Research, sedangkan desain penelitiannya menggunakan Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 012 muara badak yang berjumlah 58 Siswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kelompok eksperimen nilai rerata pretest sebesar 68,97 dan nilai posttest sebesar 79,03. Pada kelompok kontrol diperoleh nilai rerata pretest sebesar 71,59 dan nilai posttest sebesar 71,86. Hasil uji hipotesis posttest kelompok eksperimen dan kontrol menunjukkan bahwa uji t hitung >t tabel dengan nilai 2,147 > 2,003 (nilai Df 56) atau nilai signifikansi 0,036<0,05, artinya ada perbedaan yang signifikan pada hasil post-test kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan alat peraga gambar dalam pembelajaran memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 012 Muara Badak.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

educasia

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

EDUCASIA, e-ISSN 2527-5011 dan p-ISSN: 2502-9150 adalah Jurnal yang menerbitkan tulisan baik artikel hasil penelitian maupun artikel kajian kepustakaan bidang Pendidikan, Pengajaran, dan ...