Kompeten: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis
Vol. 1 No. 4 (2023): Januari 2023

Pengaruh Media Sosial, E-Commerce, dan Website terhadap Kinerja UMKM pada UMKM Tenun di Lombok Tengah: -

Rusdi Rusdi (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AMM)
Armiani Armiani (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AMM)
I Made Murjana (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AMM)



Article Info

Publish Date
15 Jan 2023

Abstract

Penggunaan teknologi digital seperti Media sosial, E-Commerce dan Website dapat berpengaruh pada kinerja UMKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media sosial, e-commerce dan website terhadap kinerja UMKM pada UMKM tenun di Lombok Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini terdiri dari tiga variabel independen yaitu Media Sosial (X1), E-Commerce (X2) dan Website (X3) serta satu variabel dependen yaitu Kinerja UMKM (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah Pelaku UMKM Tenun di Lombok Tengah. Sampel diambil dengan menggunakan metode purposive sampling dengan kriteria pelaku UMKM merupakan pengrajin dan penjual Tenun sehingga diperoleh sampel sebanyak 40 UMKM. Data diperoleh dengan menyebarkan 40 kuesioner kepada pelaku UMKM Tenun. Kuesioner yang kembali dan bisa digunakan sebanyak 40 kuesioner. Data dianalisis menggunakan SPSS 22 dengan uji asumsi klasik dan regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media sosial, e-commerce dan website tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja UMKM. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa variabel independen (media sosial, e-commerce dan website) mampu mempengaruhi variabel dependen (kineja UMKM) sebesar 18,9% sedangkan sisanya sebesar 81,9% kinerja UMKM dipengaruhi variabel-variabel lain di luar model regresi yang digunakan dalam penelitian ini. Katakunci: Media Sosial, E-Commerce, Website, dan Kinerja UMKM.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

kompeten

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Kompeten Journal Ilmiah accepts research articles in the fields of Management, Accounting, Business, and Economics. We welcome research with qualitative and quantitative studies of good quality that have not been published in other journals. The scope of topics include: 1. Business and Strategic ...