Jurnal Pelayanan dan Pengabdian Masyarakat Indonesia
Vol. 1 No. 1 (2022): Maret : Jurnal Pelayanan dan Pengabdian Masyarakat Indonesia

PELATIHAN KOMUNIKASI EFEKTIF SISWA SMAN 17 SURABAYA

Farikha Rachmawati (Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur)
Annisa Rizki Ananda (Universitas Muhammadiyah Palangkaraya)



Article Info

Publish Date
22 Mar 2022

Abstract

Setiap orang dapat berkomunikasi, tetapi hanya sedikit yang dapat menyampaikan pesan secara efektif dan efisien di depan umum. Penting bagi siswa untuk mempersiapkan diri masuk ke dunia perkuliahan dengan memiliki kemampuan presentasi di depan kelas, tidak sekedar pasif dan off cam saat pembelajaran, serta mampu bersosialisasi dengan teman. Beberapa masalah yang timbul bagi SMAN 17 Surabaya, diantaranya: 1) Pandemi COVID-19 membuat siswa kesulitan bersosialisasi dengan teman sebayanya, 2) Siswa kurang memiliki kepercayaan diri, canggung, tidak aktif di kelas, off cam saat kelas daring 3) Siswa membutuhkan tempat untuk bersosialisasi tetapi bingung memulai pembicaraan, 4) Adanya pembatasan jarak sosial dan isolasi, pandemi COVID-19 berdampak pada cara remaja bersosialisasi, tidak memiliki etika berkomunikasi dengan teman, teman sebaya, guru, dan sekitar. Hal tersebut merupakan permasalahan yang perlu dicarikan solusi. Berdasarkan permasalahan yang dihadapi mitra kegiatan, Kegiatan abdimas ini memiliki tujuan: 1) Memberikan alih pengetahuan mitra hal pengetahuan tentang komunikasi efektif dan komunikasi interpersonal 2) Meningkatkan kecakapan sosial mitra melalui komunikasi efektif berupa pelatihan presentasi yang interaktif di kelas 3) Memberikan ruang bagi siswa membangun kepercayaan diri dan mengajak rekan berkenalan dan bercakap melalui games seru dan ice breaking, 4) Memberikan pemahaman etika komunikasi yang baik terhadap lawan bicara.

Copyrights © 2022