Masile: Jurnal Studi Ilmu Keislaman
Vol 2 No 2 (2021): MASILE

Pengembangan Peran Pendidikan IPS dalam Membentuk Perilaku Sosial Siswa di SMP Negeri 1 Plered Kabupaten Cirebon

Eko Yudi Yanto (Unknown)
Fairuz ‘Ainun Na’im (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Nov 2021

Abstract

Hasil observasi yang telah dilakukan memperoleh data bahwa proses pendidikan IPS di SMP Negeri 1 Plered Kabupaten Cirebon adalah lembaga pendidikan yang kurang mempedulikan sebuah sikap, perilaku dan etika dalam penerapan kedisiplinan disekolah. Tingkat kecerdasan yang didapat dalam pendidikan IPS sangat rendah dalam pola pembentukan perilaku sosial pada siswanya. Penerapan yang lebih baik dan efektip untuk membuat kelembagaan pendidikan dengan pola pembimbing jangan hanya sebatas pendidik saja yang berarti semua elemen yang berhubungan pada pendidikan IPS ini harus bisa berperan semana mestinya. Bentuk pendampingan lembaga pendidikan, guru di sekolah dan keluarga dirumah. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data tentang bagaimana pendidikan IPS, sikap perilaku siswa dan peran pendidikan IPS dalam membentuk perilaku sosial siswa yang disiplin dan baik di SMP Negeri 1 Plered Kabupaten Cirebon. Dalam pendidikan IPS harus bisa memahami fungsi sebuah tanggung jawab yang mesti dijalani dan tidak bisa ditinggalkan untuk orentasi memberikan bimbingan yang maksimal kepada peserta didik, serta sesuai dengan makna pendidikan itu sendiri mencerdaskan anak bangsa juga memiliki sebuah etika dan akhlak yang baik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian metode deskriptif, sedangkan dalam pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi untuk mendapatkan informasi mengenai masalah yang diteliti. Sedangkan menganalisis data yang digunakan adalah data reduction (reduksi data), data display (penyajian data) dan conclusion drawing / verification (penarikan kesimpulan). Berdasarkan analisis dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa, peran pendidikan IPS dalam membentuk perilaku sosial siswa sangat relevan, disebabkan melalui kegiatan proses pendampingan dalam pembelajaran secara etika dan akhlak yang disempurnakan lebih baik. Menanamkan nilai-nilai perilaku sosial dilakukan melalui beberapa unsur pendidikan yang meliputi adanya tahap perencanaan, pelaksanaan, keteladanan, dan kegiatan ekstrakurikuler di SMP Negeri 1 Plered Kabupaten Cirebon dengan melalui kegiatan yang rutin, kegiatan yang spontan, dan kegiatan yang terprogram. Hal tersebut bisa dilihat dari sebuah aktifitas keseharian dilingkungan sekolah bertahap memiliki etika dan akhlak yang baik. Keyword: Pendidikan, sosial, perilaku

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

masile

Publisher

Subject

Religion

Description

FOCUS MASILE: Journal of Islamic studies emphasizing Contemporary Islamic studies in Indonesia, Southeast Asia, and a Global Perspective with a multidisciplinary approach SCOPE This journal specializes in studying the theory and practice of various topics of Islamic studies, specifically Islamic ...