CEMERLANG :Jurnal Manajemen dan Ekonomi Bisnis
Vol. 1 No. 1 (2021): Februari: Jurnal Manajemen dan Ekonomi Bisnis

PENGARUH BAURAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA TOKO INDOSAMAJAYA UTAMA TANAH GROGOT

Ibnu Khayath Farisanu (Sekolah Tingi Ilmu Ekonomi Widya Praja Tanah Grogot)
Achmad Syahruddin (Sekolah Tingi Ilmu Ekonomi Widya Praja Tanah Grogot)
Atminah Atminah (Sekolah Tingi Ilmu Ekonomi Widya Praja Tanah Grogot)



Article Info

Publish Date
26 Feb 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari bauran promosi yang meliputi variabel periklanan (X1), penjualan tatap muka (X2), promosi penjualan (X3), dan publisitas (X4) terhadap keputusan pembelian (Y). Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field work research), penelitian ini meliputi konsumen yang membeli pada toko Indosamajaya Utama Tanah Grogot. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik aksidental maksudnya yakni teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan, yaitu siapa saja yang secara kebetulan ditemui dan cocok sebagai sumber data. Berdasarkan analisis di peroleh nilai koefisien korelasi (R) 0,707, yang artinya terdapat keeratan hubungan yang kuat antara variabel periklanan, penjualan tatap muka promosi penjualan dan Publisitas terhadap keputusan pembelian pada toko Indosamajaya Utama Tanah Grogot. Nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,500 atau 50%, artinya bahwa variabel keputusan pembelian (Y) dapat dijelaskan oleh variabel periklanan, penjualan tatap muka, promosi penjualan, dan publisitas sebesar 50% sedangkan sisanya 50% adalah pengaruh variabel lainnya diluar penelitian ini. Pengujian secara parsial diketahui bahwa variabel periklanan (X1) memberikan pengaruh dominan, hal ini dibuktikan oleh nilai thitung terbesar dibandingkan dengan variabel bebas lainnya, sesuai dengan hasil SPSS pada tabel 14 yaitu 7,159. Dan t hitung > t tabel yakni 7,159 > 1,6669, dan di dukung oleh tingkat signifikansi 0,000 < 0,05 serta standardizerd coefficient beta yaitu 0,638.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

cemerlang

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

CEMERLANG :Jurnal Manajemen dan Ekonomi Bisnis, berfokus pada penerbitan artikel berkualitas tinggi yang didedikasikan untuk semua aspek penelitian, masalah, dan perkembangan terbaru di bidang Ilmu Manajemen. Topik dalam Jurnal ini berkaitan dengan aspek apapun dari manajemen, namun tidak terbatas ...