MANDALIKA VETERINARY JOURNAL
Vol 1, No 1 (2021): April

Deteksi Telur Nematoda Gastrointestinal Pada Feses Kuda (Equus caballus) Cidomo Di Pasar Kecamatan Empang Sumbawa

Iwan Husni Pratama (Assistance Veteriner in Empang)
Supriadi Supriadi (Dosen Divisi Mikrobiologi dan Parasitologi, Fakultas Kedokteran Hewan, Universitas Pendiikan Mandalika)
Maratun Janah (Dosen Divisi ikrobiologi dan Parasitologi, Fakultas Kedokteran Hewan, Universitas Pendidikan Mandalika)
Alfiana Laili Dwi Agustin (Dosen Divisi Kesehatan Masyarakat Veteriner, Fakultas Kedokteran Hewan, Universitas Pendidikan Mandalika)



Article Info

Publish Date
08 Apr 2021

Abstract

 Cacing nematoda adalah salah satu kelompok cacing yang berdistribusi luas pada kuda cidomo. Dampak infeksi cacing nematoda pada kuda diantaranya dapat menyebabkan anemia, nafsu makan menurun, kuda mengalami penurunan berat badan secara derastis, serta akan terlihat kusam dan rambut rontok. Berbagai jenis cacing nematoda pada kuda juga dapat bersifat zoonosis. Tujuan penelitian ini Untuk mempelajari ada tidaknya telur cacing nematoda pada Feses kuda cidomo di pasar Kecematan Empang.  Sebanyak 16 sampel telah dikoleksi dari kuda cidomo Dengan metode acak. Seluruh sampel kemudian dibawa kelaboratorium kemudian di periksa menggunakan metode natif dan pengapungan. Hasil pemeriksaan sampel menunjukkan ada 10 sampel positif mengandung telur cacing Nematoda. Berdasarkan hasil pemeriksaan terhadap telur yang ditemukan cacing nematoda yang ditemukan adalah: Strongylus spp. Trichostrongylus spp, Oesophagostomum spp, Cyathostoma spp.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

mvj

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Immunology & microbiology Medicine & Pharmacology Veterinary

Description

Mandalika Veterinery Journal (mvj) menerbitkan makalah berkualitas tinggi dan kebaruan yang berfokus pada Kedokteran Hewan dan Ilmu Peternakan. Bidang studi tersebut adalah anatomi, patologi, kedokteran dasar, kesehatan masyarakat veteriner, mikrobiologi, reproduksi veteriner, parasitologi, ...