Jurnal Dedikasi untuk Negeri
Vol 1, No 1 (2022)

PENDAMPINGAN KETERAMPILAN DALAM UPAYA MEMBANGUN KREATIVITAS PADA ANAK-ANAK USIA DINI DI DESA AMBARAWA PRINGSEWU

Nihayati Nihayati (Universitas Muhamadiyah Pringsewu)
Dika Artha Putri (Universitas Muhammadiyiah Pringsewu)
Yesi Budiarti (Universitas Muhammadiyah Pringsewu)



Article Info

Publish Date
15 Aug 2022

Abstract

Abstrak Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan di desa Ambarawa kabupaten Pringsewu, yang diikuti 54 anak-anak usia dini dengan rentang usia 3 sampai 6 tahun yang bertempat di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Ambarawa. Tujuan kegiatan ini untuk memberi keterampilan kepada anakusia dini agar terasah kreativitasnya. Kegiatan ini dilakukan melaui dua tahapan, yaitu tahap perencanaan dan tahap pelaksanaan. Pada tahap perencanaan, dilakukan analisis situasi untuk mengetahui permasalahan yang dialami oleh anak-usia dini di desa Ambarawa. Permasalahan yang ditemukan yaitu pada bulan Ramadhan, anak-anak usia dini usia 5-6 tahun sedang belajar berpuasa, supaya tidak bosan banyak orang tua yang memberikan tontonan televisi ataupun gadget. Hal tersebut kurang menumbuhkan kreativitas pada anak, bahkan anak cenderung ketergantungan menonton televisi dan bermain gadget. Tahap pelaksanaan terdiri dari berdo’a bersama, motivasi ibadah dan akhlak, senam bersama, membuat crafting, dongeng, mewarnai dan membuat play dough. Hasil dari kegiatan ini adalah anak-anak usia dini di desa Ambarawa bisa mengisi waktu mereka dengan membuat keterampilan yang bisa menumbuhkan kreativitas mereka dengan didampingi oleh orangtua mereka di rumah. Kata kunci: Keterampilan, Kreativitas, Anak Usia Dini Abstract This community service activity was carried out in Ambarawa village, Pringsewu district, which was attended by 54 early childhood children with an age range of 3 to 6 years located at Aisyiyah Bustanul Athfal Ambarawa Kindergarten. The purpose of this activity is to provide skills for early childhood to hone their creativity. This activity is carried out in two stages, namely the planning stage and the implementation stage. At the planning stage, a situation analysis was carried out to find out the problems experienced by early childhood in Ambarawa village. The problem found is that in the month of Ramadan, early childhood children aged 5-6 years are learning to fast, so that many parents don't get bored watching television or gadgets. This does not foster creativity in children, even children tend to be dependent on watching television and playing with gadgets. The implementation stage consists of praying together, motivation for worship and morals, joint exercise, making crafting, coloring, fairy tales, and making play-dough. The result of this activity is that early childhood children in Ambarawa village can fill their time by making skills that can foster their creativity, accompanied by their parents at home. Keywords: Skills, Creativity, Early Childhood

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JDN

Publisher

Subject

Religion Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

Jurnal Dedikasi untuk Negeri adalah Jurnal yang terbit 2 kali dalam satu tahu yaitu pada bulan Juli dan bulan Desember. Dimana Focus and Scope Jurnal ini adalah Disiplin Ilmu yang mengarah kepada Pengabdian Kepada ...