Jurnal Promotif Preventif
Vol 5 No 1 (2022): Agustus 2022: JURNAL PROMOTIF PREVENTIF

Implementasi Telemedicine Terhadap Pengetahuan Tentang Protokol Kesehatan 7M, Vaksin dan Gizi Seimbang

Erika Martining Wardani (Program Studi S1 Keperawatan, Fakultas Keperawatan dan Kebidanan, Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya)
Riezky Faisal Nugroho (Jurusan Gizi, Poltekkes Kemenkes Surabaya)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2022

Abstract

Penyakit yang sangat mudah menular melalui saluran pernapasan dan menjadi pandemi saat ini adalah coronavirus disease sehingga diperlukan upaya pencegahan penularan virus tersebut dengan membangun paradigma positif dan proaktif. Salah satu upaya preventif dengan pemberian telemedicine. Tujuan penelitian untuk menganalisis pengaruh implementasi telemedicine terhadap pengetahuan tentang protokol kesehatan 7M, vaksin dan gizi seimbang. Penelitian ini adalah analitik dengan teknik quasy experimen dengan pendekatan pre-test and post-test nonequivalent control group. Populasi sebesar 60 responden, Sampel pada penelitian ini dibagi menjadi kelompok intervensi dan kontrol masing-masing 30 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling. Instrumen yang digunakan adalah lembar kuesioner berupa google form. Data diolah selanjutnya data dianalisis dengan uji statistik Wilcoxon Signed Ranks Test. Hasil penelitian menunjukkan setelah implementasi telemedicine, pengetahuan tentang protokol kesehatan dengan 7M (ρ = 0,000), vaksin (ρ = 0,001) dan gizi seimbang(ρ = 0,001). Telemedicine efektif digunakan untuk meningkatkan pengetahuan tentang protokol kesehatan dengan 7M, vaksin dan gizi seimbang. Perlu pemberian edukasi yang tepat dan berkala sehingga setiap individu dapat mendapatkan informasi yang baik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPP

Publisher

Subject

Health Professions Public Health

Description

Epidemiologi; Kesehatan Lingkungan; Administrasi dan Kebijakan Kesehatan; Gizi Kesehatan Masyarakat; Promosi Kesehatan; Kesehatan dan Keselamatan ...