Banyak orang tua yang bahasa pertama mereka adalah bahasa Aceh berkomunikasi dengan anaknya menggunakan bahasa Indonesia dan mengabaikan bahasa Aceh karena mereka khawatir anaknya akan kesulitan memahami materi pelajaran di sekolah yang disampaikan dalam bahasa Indonesia sehingga prestasi mereka menurun. Atas dasar itu, hal yang sangat urgen dilakukan kajian lebih lanjut tentang pengaruh prestasi belajar siswa berbahasa pertama bahasa Indonesia dan siswa berbahasa pertama bahasa Aceh. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan perbedaan prestasi belajar bahasa Indonesia antara siswa berbahasa pertama bahasa Indonesia dan siswa berbahasa pertama bahasa Aceh. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian berupa penelitian deskriptif. Lokasi penelitian ini di SD Kecamatan Dewantara, Kabupaten Aceh Utara. Populasi penelitian ini adalah siswa SD kelas I berbahasa pertama Bahasa Aceh di Kecamatan Dewantara Kabupaten Aceh Utara. Sampel penelitian ini sesuai dengan konsep purposive random sampling. Data dikumpulkan dengan teknik angket, wawancara, dan dokumentasi. Data penelitian dianalisis berpedoman pada alur kegiatan analisis data dari Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini adalah siswa SD kelas I berbahasa pertama bahasa Aceh memiliki prestasi belajar di sekolah.
Copyrights © 2023