Jurnal Trikonomika
Vol 13, No 2 (2014): Desember 2014

Penerapan Manajemen Risiko terhadap Perwujudan Good Corporate Governance pada Perusahaan Asuransi

Pradana, Yana Ayu ( Alumni Program Studi Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Telkom)
Rikumahu, Brady ( Dosen Program Studi Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Telkom)



Article Info

Publish Date
06 May 2015

Abstract

Good Corporate Governance (GCG) adalah sistem yang digunakan untuk mengarahkan dan mengendalikan kegiatan bisnis perusahaan. Risiko muncul dengan kegiatan usaha perusahaan untuk mencapai tujuan strategis perusahaan. Perusahaan perlu mengelola risiko tersebut untuk meminimalkan dampak risiko dan mencapai tujuan strategis perusahaan. Penelitian ini berfokus pada pengaruh yang timbul dari penerapan manajemen risiko terhadap realisasi GCG melalui prinsip GCG. Ada 15 responden dari salah satu Badan Usaha Milik Negara di bidang asuransi. Penelitian menunjukkan bahwa perbedaan yang signifikan antara manajemen risiko dan tata kelola perusahaan dari 53.40%. Manajemen risiko memiliki peran penting dalam mewujudkan tata kelola perusahaan melalui manajemen risiko yang efektif, sehingga perusahaan dapat meminimalkan risiko dan dampak lebih hati-hati untuk mengambil kesempatan.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

trikonomika

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Trikonomika invites academics and researchers who do original research in the fields of economics, management and ...