Kompetensi
Vol 13 No 1 (2020): Kompetensi

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 BALIKPAPAN TAHUN AJARAN 2019/2020

Novita Sari (Universitas Balikpapan)
Rahayu Sri Waskitoningtyas (Universitas Balikpapan)
Ganjar Susilo (Universitas Balikpapan)



Article Info

Publish Date
24 Jun 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran langsung. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 4 Balikpapan, dengan populasi siswa kelas VII. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VII-2 sebagai kelas eksperimen, yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dan kelas VII-10 sebagai kelas kontrol, kelas dengan model pembelajaran langsung. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemecahan maslaah matematis sebanyak 6 butir pada pokok bahasan bilangan. Setelah penelitian diperoleh skor rata-rata kelas eksperimen adalah 63,331 dan kelas kontrol 41.503. Analisis data yang digunakan adalah uji normalitas dengan uji Liliefors, uji homogenitas dengan uji levene statistic, uji hipotesis dengan uji-t. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh nilai sig 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak. Kesimpulan penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran langsung.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jurnal-kompetensi

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Mathematics Social Sciences Other

Description

Kompetensi terbit dua kali setahun pada bulan Juni dan Desember. Jurnal ini berisi tulisan ilmiah hasil penelitian maupun kajian pustaka dalam bidang pendidikan, sosial, ekonomi, sains dan humaniora. Artikel dapat ditulis dalam bahasa Indonesia maupun Inggris. P-ISSN : 2087-0485 dan E-ISSN : ...