ABSTRAK program pendidikan pada anak usia dini haruslah mengedepankan rasa senang dan nyaman pada anak, sehingga strategi pembelajaran yang tepat digunakan adalah permainan. Karena dunia anak adalah dunia bermain. Oleh karena itu, penulis memilih untuk menggunakan permainan telepon kaleng sebagai sarana menstimulasi perkembangan anak. Fokus dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya meningkatkan kemampuan motorik dan bahasa anak melalui permainan telepon kaleng di Kelompok B TK Pantiyogo Sambirembe Karangrejo Magetan tahun pelajaran 2020 – 2021. Penelitian pada skripsi ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B TK Pantiyogo Sambirembe Karanagrejo Magetan tahun pelajaran 2019-2020 yang berjumlah 7 anak. Peserta didik di TK Pantiyogo ini memiliki karakteristik, latar belakang dan kemampuan yang berbeda-beda. Tahap penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan peningkatan cukup signifikan dari penelitian. Karena telah mencapai target ketuntasan minimal kelas yaitu lebih dari 75%, lebih tepatnya 89,7% pada kemampuan motorik menyimpul dan 82% pada kemampuan bahasa bercakap-cakap. Dengan demikian penelitian ini telah menjawab fokus masalah bahwa permainan telepon kaleng dapat meningkatkan kemaampuan motorik dan bahasa anak di TK Pantiyogo Sambirembe Karangrejo Magetan. Kata Kunci : Permainan Telepon Kaleng, Kemampuan Motorik,
Copyrights © 2019