Kurikula Jurnal Pendidikan
Vol 1 No 1 (2019): Kurikula : Jurnal Pendidikan

UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK DAN BAHASA ANAK MELALUI PERMAINAN TELEPON

Pramudya Elentika Elentika (Institut agama islam ngawi)



Article Info

Publish Date
24 Jan 2023

Abstract

ABSTRAK program pendidikan pada anak usia dini haruslah mengedepankan rasa senang dan nyaman pada anak, sehingga strategi pembelajaran yang tepat digunakan adalah permainan. Karena dunia anak adalah dunia bermain. Oleh karena itu, penulis memilih untuk menggunakan permainan telepon kaleng sebagai sarana menstimulasi perkembangan anak. Fokus dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya meningkatkan kemampuan motorik dan bahasa anak melalui permainan telepon kaleng di Kelompok B TK Pantiyogo Sambirembe Karangrejo Magetan tahun pelajaran 2020 – 2021. Penelitian pada skripsi ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B TK Pantiyogo Sambirembe Karanagrejo Magetan tahun pelajaran 2019-2020 yang berjumlah 7 anak. Peserta didik di TK Pantiyogo ini memiliki karakteristik, latar belakang dan kemampuan yang berbeda-beda. Tahap penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan peningkatan cukup signifikan dari penelitian. Karena telah mencapai target ketuntasan minimal kelas yaitu lebih dari 75%, lebih tepatnya 89,7% pada kemampuan motorik menyimpul dan 82% pada kemampuan bahasa bercakap-cakap. Dengan demikian penelitian ini telah menjawab fokus masalah bahwa permainan telepon kaleng dapat meningkatkan kemaampuan motorik dan bahasa anak di TK Pantiyogo Sambirembe Karangrejo Magetan. Kata Kunci : Permainan Telepon Kaleng, Kemampuan Motorik,

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

kurikula

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Kurikula : Jurnal Pendidikan (ISSN : 2548-6063 - E-ISSN : 2746-4903) is a peer-reviewed journal on education in the Muslim world. This journal is published by the Faculty of Tarbiyah, Institut Agama Islam Ngawi. Editors welcome scholars, researchers, and practitioners of education around the world ...