Latar Belakang : Tersedak (Choking) adalah tersumbatnya saluran jalan napas akibat benda diluar tubuh secara total atau parsial, sehingga menyebabkan korban sulit bernapas, dan menyebabkan kekurangan oksigen. Tujuan : Tujuan penelitian ini mengetahui “Pengaruh Edukasi Terhadap Keterampilan Keluarga Dalam Penanganan Tersedak (Choking) pada Anak di Lingkungan IV Kelurahan Bailang Kecamatan Bunaken”. Metode Penelitian : Penelitian ini menggunakan metode penelitian Quasi Eksperimen dengan rancangan One group Pretest –Posttest Design. Sampel responden dalam penelitian ini sebanyak 56 orang dengan tehnik pengambilan sampel Total Sampling. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi. Di analisa dengan uji statistik Mc.Nemar. Hasil Penelitian : Dari hasil Uji statistik Mc.Nemar menunjukan ada pengaruh yang bermakna antara edukasi terhadap keterampilan keluarga dalam penanganan tersedak (choking) pada anak di Lingkungan IV Kelurahan Bailang (p) = 0,000; α = 0,05. Kesimpulan : Kesimpulan dalam penelitian ini terdapat Ada pengaruh edukasi terhadap keterampilan keluarga dalam penanganan tersedak (choking) pada anak di lingkungan IV kelurahan bailang kecamatan bunaken. Saran : Diharapkan dapat menjadi acuan untuk instansi kesehatan dan pendidikan dalam upaya pemberian edukasi kesehatan kepada masyarakat dalam upaya menangani masalah kesehatan yang mengancam nyawa pada masyarakat.
Copyrights © 2021