e-Jurnal Inovasi Pembelajaran Sekolah Dasar
Vol 6, No 2 (2018)

PENGARUH MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PEMBELAJARAN IPS DI SD

Maryam Khoiriyah (Universitas Negerii Padang)
Yalvema Miaz (Universitas Negeri Padang)
Tin Indrawati (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
12 Nov 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di kelas V di SD Gugus 2 Kecamatan Banuhampu Kabupaten Agam pada semester ganjil tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis eksperimen dan desain penelitian quasi eksperimen. Pengambilan data sampel dilakukan dengan Simple Random Sampling. Sampel penelitian ini berjumlah 44orang, dengan jumlah populasi sebanyak 147 orang. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diperoleh t hitung > t tabel yakni 6,3345 > 1,68195 dengan α=0,05 berarti Ho ditolak, sehingga Ha diterima yaitu terdapat pengaruh penggunaan model Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS di kelas V di SDN Gugus 2 Kecamatan Banuhampu Kabupaten Agam.Kata kunci : model Contextual Teaching and Learning (CTL), hasil belajar, IPS

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

pgsd

Publisher

Subject

Education

Description

The e-Jurnal of Elementary School Learning Innovation (e-JIPSD) is a vehicle for scientific publications originating from research and conceptual studies of lecturers, experts, education practitioners, teachers, and students who have a deep concern for progress and development as well as learning ...