WIDYA LAKSANA
Vol 12 No 1 (2023)

PENGEMBANGAN USAHA PERTANIAN KOPI MELALUI PEMASARAN DIGITAL DI UUP. CATUR PARAMITHA

I Gusti Ayu Widari Upadani (INSTITUT TEKNOLOGI & BISNIS STIKOM Bali)
Gede Indra Raditya Martha (ITB STIKOM Bali)
I Ketut Dedy Suryawan (ITB STIKOM Bali)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2023

Abstract

Pemasaran merupakan salah satu kunci bagi pelaku usaha dalam meningkatkan volume penjualan dan mempertahankan keberlanjutan usahanya. Produk kopi yang dihasilkan oleh Unit Usaha Pengolahan atau UUP. Catur Paramitha masih sebagian besar dipasarkan secara konvensional dan kurang intensif. Di samping itu, permasalahan lain seperti administrasi pembukuan belum menggunakan aplikasi digital. Tujuan dilakukan pengabdian adalah untuk meningkatkan pengetahuan pengelola usaha dalam bidang strategi pemasaran terutama digital marketing serta untuk memberikan keterampilan penggunaan smartphone sebagai sarana untuk melakukan pemasaran digital secara lebih produktif. Kegiatan pengabdian dilakukan di UUP. Catur Paramitha Desa Catur Kecamatan Kintamani, Bangli. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah survey, observasi, wawancara, pelatihan, dokumentasi serta evaluasi. Peserta kegiatan yang dilibatkan sebanyak 10 orang yang semuanya merupakan karyawan dari unit usaha pengolahan tersebut. Data yang diperoleh dianalisis secara diskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pengetahuan dan keterampilan dalam digitalisasi usaha serta UUP. Catur Paramitha memiliki webprofile yang dapat digunakan untuk membantu mengembangkan usahanya.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JPKM

Publisher

Subject

Other

Description

Widya Laksana is a scientific multidisciplinary journal published by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Pendidikan Ganesha twice a year; January and ...