Pelaksanaan supervisi di lembaga pendidikan merupakan suatu usaha untuk meningkatkan sumber daya manusia. Sekolah menjadi salah satu sarananya, dan guru sebagai tenaga pengajar di sekolah merupakan komponen utama sumber daya manusia. Untuk mengawasi, mengevaluasi dan memperbaiki proses belajar mengajar yang dilakukan oleh guru diperlukan adanya supervisi. Kegiatan supervisi ini lebih jauh diharapkan mampu mengkonstruk pola pikir para guru supaya mempunyai komitmen sehingga mereka dapat melaksanakan fungsi dan tugasnya secara profesional. Dalam penelitian ini akan mengkaji tentang: 1) Perencanaan supervisi akademik kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMP Negeri 3 Kajen Kabupaten Pekalongan; 2) Pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMP Negeri 3 Kajen Kabupaten Pekalongan; 3) Tindak Lanjut Hasil supervisi akademik kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMP Negeri 3 Kajen Kabupaten Pekalongan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif melalui tiga tahapan yaitu: orientasi, eksplorasi fokus, dan analisis data. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan triangulasi teknik. Analisis data dengan tiga langkah: reduksi data, kondensasi data, dan menarik simpulan.
Copyrights © 2023