JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Vol. 6 No. 2 (2023): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)

Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Guru terhadap Disiplin Kerja Guru SMP Negeri di Kecamatan Kandangserang Kabupaten Pekalongan

Rustam, Rustam (Unknown)
Murniati, Ngurah Ayu Nyoman (Unknown)
Wuryandini, Endang (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2023

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto dengan desain korelasional menggunakan metode survei dengan teknik pengambilan datanya menggunakan kuisioner. Subyek dalam penelitian ini adalah guru PNS SMP Negeri di Kecamatan Kandangserang Kabupaten Pekalongan yang berjumlah 100 orang. Pengumpulan data menggunakan survey dengan instrument kuisioner yang terdiri atas 34 pertanyaan koefisien reliabilitas sebesar 0,940 untuk variabel gaya kepemimpinan, 35 pertanyaan dengan koefisien reliabilitas 0,940 untuk motivasi kerja, dan 35 pertanyaan dengan koefisien reliabilitas 0,957 untuk variabel disiplin kerja. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi melalui uji prasyarat normalitas, linearitas, multikolinearitas dan heterokedastisitas. Hasil penelitian menunjukan bahwa gaya kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh terhadap disiplin kerja sebesar 49,7 %, sisanya dipengaruhi oleh variable lain diluar gaya kepemimpinan. Nilai t-hitung 9,841 dengan signifikansi 0,000 yang lebih kecil dari 0,05 (sig 0,000< 0,05). Motivasi kerja berpengaruh terhadap disiplin kerja sebesar 58,3 % sisanya dipengaruhi variable lain diluar dari motivasi kerja guru. Nilai t-hitung sebesar 11, 716 dengan signifikansi 0,000 yang lebih kecil dari 0,05(sig 0,000<0,05). Terdapat pengaruh yang signifikan gaya kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja guru secara bersama-sama terhadap disiplin kerja SMP Negeri di Kecamatan Kandangserang Kabupaten Pekalongan. Besaran pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja guru terhadap displin kerja sebesar 70,3 % sisanya dipengaruhi oleh variabel lain diluar gaya kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja guru. Nilai F-hitung 114,926 dengan signifikansi 0,000 yang lebih kecil  dari 0,05(sig 0,000<0,05).

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIIP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

JIIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Jurnal ilmiah ber-ISSN yang difokuskan pada keilmuan pendidikan secara umum antara lain: Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Teknologi Informasi, Pendidikan ...