Profesionalisme guru bisa dilihat dari tanggung jawabnya dalam melaksanakan kewajiban sebagai profesi guru. Dalam hal ini kepala sekolah berperan untuk meningkatkan profesionalisme guru. Upaya untuk memperbaiki kinerja sama halnya dengan meningkatkan kualitas pendidikan. Diperlukan peran serta yang signifikan oleh para guru yang profesional dan berkualitas. Peran dan konstribusi guru bagi pendidikan tidak bisa dilepaskan. Kebijakan tentang peningkatan profesionalisme guru harus dilakukan dengan tepat. Profesionalisme guru dapat ditingkatkan melalui Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan sebagaimana terdapat dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Permenegpan RB) No. 16 Th. 2009 Tentang Jabatan Fungsional Guru Dan Angka Kreditnya. Fokus penelitian ini adalah Manajemen Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru di SMP Negeri 1 Kajen Kabuapaten Pekalongan dengan sub fokus: 1) Perencanaan, 2) Pengorganisasian, 3) Penggerakan, dan 4) Pengendalian Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru di SMP Negeri 1 Kajen Kabuapaten Pekalongan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Tahapan penelitian ini dibagi menjadi tiga, yaitu (1) tahap pra lapangan atau orientasi; (2) tahap pekerjaan lapangan atau eksplorasi fokus; dan (3) analisis data. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan triangulasi teknik. Analisis data dengan tiga langkah: reduksi data, kondensasi data, dan menarik simpulan.
Copyrights © 2023