Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pengaruh keterampilan manajerial kepala sekolah terhadap profesionalisme guru, (2) pengaruh motivasi kerja guru terhadap profesionalisme guru, dan (3) pengaruh keterampilan manajerial kepala sekolah dan motivasi kerja guru secara setimulan terhadap profesionalisme guru SD Negeri di Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) keterampilan manajerial kepala sekolah (X1) berpengaruh secara signifikan terhadap profesionalisme guru (Y) dengan nilai koefisien regresi X1 sebesar 0,479 menyatakan bahwa setiap kenaikan keterampilan manajerial kepala sekolah sebesar 1 satuan akan meningkatkan profesionalisme guru sebesar 47,9% satuan dan nilai probalitas (Sig 0,014 < 0,05). (2) motivasi kerja guru (X2) berpengaruh signifikan terhadap profesionalisme guru (Y) nilai koefisien regresi X2 sebesar 0,558 sehingga dapat dinyatakan bahwa setiap kenaikan motivasi kerja guru sebesar 1 satuan akan berpengaruh meningkatkan profesionalisme guru sebesar 55,8% satuan. Dimana nilai probalitas (Sig 0,001 < 0,005) dan (3) keterampilan manajerial kepala sekolah (X1) dan motivasi kerja guru (X2) secara simultan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap profesionalisme guru dengan nilai koefisien determinasi (Ajudsed R-square) sebesar 0,731 yang berarti terdapat sumbangan pengaruh dari keterampilan manajerial kepala sekolah dan motivasi kerja guru sebesar 73,1% terhadap profesionalisme guru SD Negeri di Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan, sedangkan sisanya 26,9% merupakan variasi profesionalisme guru yang dipengaruhi oleh variabel lain diluar variabel penelitian ini, dan nilai probabilitas (Sig 0,000 < 0,05).
Copyrights © 2023