JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Vol. 6 No. 2 (2023): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)

Pengembangan Model Penguatan Kompetensi Berbahasa Inggris Berbicara Berbasis Habituasi Sekolah Menengah Kejuruan

Sahara, Winda (Unknown)
Wuryandini, Endang (Unknown)
Murniati, Ngurah Ayu Nyoman (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Feb 2023

Abstract

Pembelajaran Bahasa Inggris difokuskan pada penguatan kemampuan menggunakan bahasa Inggris dalam enam keterampilan berbahasa, yakni menyimak, berbicara, membaca, memirsa, menulis, dan mempresentasikan secara terpadu, dalam berbagai jenis teks dengan capaian pembelajaran minimal setara level B1 CEFR. Namun demikian, fakta di lapangan menunujukkan bahwa kompetensi berbahasa inggris peserta didik belum mencapai level yang diinginkan, terutama pada kompetensi yang sangat berguna bagi lulusan SMK yaitu kompetensi menyimak, berbicara dan mempresentasikan. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang model penguatan kompetensi berbahasa inggris di SMK. Penelitian ini menggunakan desain penelitian pengembangan (Research and Development) dari Borg dan Gall. Peneliti menggunakan penelitian dan pengembangan pada level 1 dengan pendekatan kualitatif untuk menghasilkan rancangan. Penelitian diawali dengan tahap pendahuluan dan analisis kebutuhan untuk merancang model penguatan kompetensi berbahasa inggris melalui wawancara dan observasi ke SMK Negeri 1 Sragi dan Industri terkait. Hasil penelitian ditemukan model faktual penguatan kompetensi berbahasa inggris dimana dalam pelaksanaanya belum disesuaikan secara spesifik dengan kompetensi keahlian dan setara level B1 CEFR. Dari hasil faktual tersebut, kemudian dikembangkan menjadi sebuah rancangan model penguatan kompetensi berbahasa inggris di SMK. Hasil rancangan model dinilai dan divalidasi oleh pakar ahli pendidikan serta dinilai oleh praktisi pendidikan melalui Focus Group Disscussion (FGD). Dari hasil FGD diperoleh masukan dari pakar ahli pendidikan dan praktisi pendidikan bahwa dalam pelaksanaan dapat dilaksanakan dengan habituasi baik dalam pembiasaan akademik maupun non akademik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIIP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

JIIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Jurnal ilmiah ber-ISSN yang difokuskan pada keilmuan pendidikan secara umum antara lain: Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Teknologi Informasi, Pendidikan ...