Hasil belajar matematika merupakan salah satu tolok ukur untuk melihat sejauh mana tujuan pembelajaran matematika telah tercapai, banyak faktor yang mempengaruhi hasil belajar matematika siswa, diantaranya adalah kecemasan dan motivasi belajar matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR) dengan kriteria inklusi yaitu artikel terindeks oleh Sinta atau Scopus, diterbitkan pada rentang waktu sepuluh tahun terakhir (2013-2022), ditulis dalam bahasa Indonesia atau Inggris, dan menggunakan metode penelitian kuantitatif, kualitatif, maupun metode gabungan, yang ditelusuri pada database Garuda dan Google Scholar. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengidentifikasi bagaimana motivasi belajar dan kecemasan matematika mempengaruhi hasil belajar matematika siswa. Hasil penelitian menemukan bahwa kecemasan matematika memiliki dampak negatif terhadap hasil belajar matematika, semakin tinggi tingkat kecemasan matematika maka akan semakin rendah hasil belajar siswa, hal ini karena kecemasan matematika menimbulkan rasa gelisah, rasa tidak nyaman ketika belajar, menimbulkan rasa cemas, tegang, dan takut. Sedangkan motivasi belajar memiliki hubungan terhadap peningkatan hasil belajar matematika, semakin baik motivasi belajar yang dimiliki siswa maka akan semakin baik hasil belajarnya, hal ini disebabkan motivasi belajar memunculkan kebiasaan belajar yang baik, membuat siswa bersemangat, bergairah dalam belajar dan mendorong rasa ingin tahu, serta mendorong siswa melakukan aktivitas pembelajaran yang optimal.
Copyrights © 2023