Neo-Bis
Vol 9, No 1 (2015): JUNI

PROGRAM CSR BERBASIS PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (UNTUK MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS USAHA MIKRO, KECIL MENENGAH DI MADURA)

Netty Dyah Kurniasari (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jun 2015

Abstract

Angka kemiskinan di Madura tergolong tinggi. Salah satu cara untuk mengatasi kemiskinan adalah melalui peningkatkan fungsi usaha mikro, kecil, menengah (UMKM) di Madura. Akan tetapi UMKM di Madura  terkendala  beberapa permasalahan. Perusahaan atau corporate  memegang peran yang sangat penting untuk ikut andil menyelesaikan permasalahan UMKM di Madura melalui program CSR. Berdasarkan fakta dan permasalahan di atas, penelitian ini menawarkan suatu model Corporate Social Responsibility Berbasis Pemberdayaan Partisipatif. Tujuan penelitian ini  adalah  (1) menghasilkan data kebutuhan dan masalah  UMKM di Madura. (2) menghasilkan model CSR berbasis pemberdayaan partisipatif. Metode yang digunakan adalah observadi dan wawancara mendalam dengan UMKM di Madura. Berdasarkan penelitian diketahui bahwa permasalahan  UMKM di Madura antara lain desain, permodalan  dan pemasaran. Model CSR yang sesuai adalah mengadakan pelatihan desain, pemberian permodalan dan promosi (pemasaran).

Copyrights © 2015