Jurnal Edukasi Matematika dan Sains
Vol 11, No 1 (2023)

Pengaruh Permainan Bowling Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Pada Anak Kelompok B di TK Idilia Palembang

Syawalia Dwi Putri (UIN Raden Fatah Palembang)
Leny Marlina (Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang)
Yecha Febrieanitha Putri (Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang)



Article Info

Publish Date
02 Mar 2023

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengaruh Permainan Bowling Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Pada Anak Kelompok B Di TK Idilia Palembang”. Adapun yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah pengaruh permainan bowling terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak kelompok B di TK Idilia Palembang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh permainan bowling terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak kelompok B di TK Idilia Palembang. Adapun jenis  penelitian ini adalah Pre- experimental dengan desain  One Group Pre Test- Post Test (satu kelompok subjek). Jumlah sampel anak berjumlah 15 orang anak  yang terdiri dari 6 orang anak perempuam dan 9 orang anak laki- laki. Teknik pengumplan data dalam penelitian ini menggunakan obserbasi awal sebelum diberikan perlakuan dengan pembelajaran permainan balok angka, observasi digunakan untuk mengumplkan data pada saat treathment, tes berbentuk skor yang dilakukan untuk mengetahui hasil setelah diberi perlakuan dan dokumentasi berupa foto. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini mengunakan uji normalitas uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil hipotesis dalam penelitian ini ialah diperoleh thitung  =44,9238 sedangkan dk =15 + 15 – 2 =28   dengan taraf nyata 5% sehingga didapat ttabel =1.7011 karena thitung=44,9238 > ttabel= 1.7011 maka kesimpulannya Ho di tolak artinya ada Pengaruh Permaianan Bowling Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Pada Anak Kelompok B Di TK Idilia Palembang.

Copyrights © 2023