Jurnal Wahana Pendidikan
Vol 10, No 1 (2023): Januari

INOVASI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN APLIKASI QUIZIZZ DI ERA NEW NORMAL (Penelitian Pengembangan Aplikasi Di Kelas XI MAN 1 Garut)

Mia Maryam Sarah (Universitas Galuh)
Nenden Munawaroh (Unknown)
Asep Tutun Usman (Universitas Garut)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2023

Abstract

Latar belakang penelitian ini berdasarkan hasil observasi yang dilaksanakan di MAN 1 Garut, beberapa peserta didik mengalami perubahan sikap yang sangat signifikan setelah dilaksanakannya Pembelajaran jarak jauh pasca pandemi covid-19 yang menyebabkan tidak efektifnya proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan inovasi media pembelajaran dengan menggunakan Aplikasi Quizizz yang berfokus pada mata pelajaran Bahasa Arab. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah R&D model ADDIE dengan 5 tahapan yaitu Analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Adapun populasi penelitian ini adalah kelas XI IIK, sedangkan sampel penelitian adalah siswa kelas XI IIK I. Metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi, validasi ahli, tes kemampuan peserta didik dan lembar kuesioner tanggapan peserta didik. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa media Aplikasi Quizizz yang telah dikembangkan telah layak digunakan tanpa diperbaiki, hal ini dilihat dari hasil validasi para ahli dengan nilai 4,6.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jwp

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Wahana Pendidikan merupakan Jurnal Ilmiah Nasional yang memuat artikel penelitian (research article) di bidang pengembangan proses pembelajaran, praktikum, pengembangan bahan ajar, peningkatan kompetensi guru, dan pengembangan manajemen sekolah. Jurnal Wahana Pendidikan diterbitkan secara ...