Transformasi : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal
Volume 2 Nomer 1 edisi Maret 2016

Evaluasi Implementasi Program Pendidikan Kesetaraan Paket B di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Al-Kautsar Kota Mataram

Maskun Maskun (IKIP Mataram)



Article Info

Publish Date
06 Apr 2018

Abstract

Evaluasi program adalah keseluruhan kegiatan baik berupa pengukuran maupun penilaian (pengukuran data dan informasi), pengolahan, penafsiran dan pertimbangan untuk membuat keputusan untuk mengetahui pencapaian tujuan program yang telah dilaksanakan selanjutnya hasil evaluasi program digunakan sebagai dasar untuk melaksanakan kegiatan tindak lanjut atau untuk melakukan pengambilan keputusan berikutnya. Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk melakukan evaluasi program pendidikan kesetaraan Paket B di PKBM Al-Kautsar yang meliputi; 1) komponen konteks; untuk mengetahui dukungan atau partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan program pendidikan kesetaraan paket B. 2) komponen input; (a) Untuk mengetahui karaktristik warga belajar program pendidikan kesetaraan paket B, (b) Untuk mengetahui karakteristik tutor program pendidikan kesetaraan paket B, (c) Untuk mengetahui karakteristik pengelola program pendidikan kesetaraan paket B, (d) Untuk mengetahui kurikulum program pendidikan kesetaraan paket B, dan (e) Untuk mengetahui sarana dan prasarana program pendidikan kesetaraan paket B. 3) komponen proses; untuk mengetahui proses pembelajaran pendidikan kesetaraan paket B. 4) komponen produk; untuk mengetahui pencapaian kompetensi warga belajar dalam mengikuti program pendidikan kesetaraan paket B di PKBMAl-Kautsar. Penelitian ini menggunakan metode deskriftif dengan jenis penelitian evaluasi. Jenis evaluasi yang digunakan adalah metode CIPP dari Stuflebeam, dan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriftif. Berdasarkan hasil analisis data, diketahui bahwa implementasi program pendidikan kesetaraan paket B dalam meningkatkan kompetensi warga belajar sudah sesuai dan efektif menurut kriteria dari masing-masing evaluasi yang meliputi evaluasi konteks, evaluasi input, evalusai proses dan evaluasi produk yang berada di lembaga PKBM Al-Kautsar.Kata-kata kunci: Evaluasi Program, Pendidikan Kesetaraan, Paket B, PKBM.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

transformasi

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Transformasi (JTNI) : Jurnal Pengembangan Pendidikan Non-Formal Informal is scientific journal published by Program StudI Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) Universitas Pendidikan Mandalika (UNDIKMA). It has been published since 2016. JTNI contains ...