Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang menganalisis peningkatan hasil belajar Bahasa Bali (kemampuan mentransliterasi) pada siswa Kelas VIII H SMP Dwijendra tahun pelajaran 2019/2020 dengan menerapkan model pembelajaran Numbered Head Together. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) observasi, dan 4) refleksi.Hasil belajar siswa dikaji dari pra siklus, siklus pertama, dan siklus kedua. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah metode tes berupa tes transliterasi kalimat berbahasa Bali dengan huruf latin ke dalam kalimat berhuruf Bali. Hasil belajar pada pra siklus menunjukkan bahwa sembilan (30%) siswa tuntas dan 21 siswa (70%) tidak tuntas. Setelah diterapkan model pembelajaran Numbered Head Together ada peningkatan hasil belajar siswa. Pada siklus I jumlah siswa yang tuntas sebanyak lima belas siswa (50%) dan yang tidak tuntas lima belas siswa (50%). Pada siklus II, 23 siswa ( 77%.) tuntas dan 7 siswa (23%) tidak tuntas. Dari analisis tersebut, model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII H SMP Dwijendra Denpasar.
Copyrights © 2022