JURNAL PRODUKTIVITAS
Vol 9, No 2 (2022): Jurnal Produktivitas: Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Pontianak

Pengaruh Lingkungan Kerja Fisik Terhadap Kualitas Kerja (Pada Pegawai Negeri Sipil Badan Kepegawaian Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Sintang Tahun 2018 - 2020)

Anggi Yoga Pratama (Universitas Muhammadiyah Pontianak Kabupaten Sintang)
Wulan Purnama Sari (Universitas Muhammadiyah Pontianak Kabupaten Sintang)
Helman Fachri (Universitas Muhammadiyah Pontianak)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh lingkungan kerja fisik terhadap kualitas kerja Pegawai Negeri Sipil Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Sintang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Sampel Jenuh. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai pada Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Sintang, dengan sampel sebanyak 47 orang pegawai. Hasil regresi linier sederhana menunjukkan persamaan Y= 7,539 + 0,66x .Hasil koefisien korelasi menunjukkan nilai R sebesar 0,789, nilai ini menunjukkan bahwa hubungan antara variabel lingkungan kerja fisik dengan kualitas kerja pada Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Sintang dapat dikatakan menunjukkan hubungan yang kuat. Hasil koefisien determinasi diperoleh nilai R2 0,623 yang berarti Artinya pengaruh    lingkungan    kerja    fisik    terhadap kualitas    kerja pada Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Sintang adalah sebesar  62,30% dan sisanya sebesar  37,70%  dipengaruhi oleh variabel-variabel lain di luar penelitian ini. Dan hasil uji kelayakan model diperoleh nilai nilai F hitung > F tabel, yaitu 74,318 > 4,07 sedangkan tingkat signifikansi dengan nilai sebesar 0,00 < 0,05. Hasil penelitian pada uji kelayakan model (uji F) menyatakan bahwa Ho diterima dan Ha ditolak, artinya model regresi linier dapat digunakan untuk memprediksi nilai kualitas kerja yang dipengaruhi   oleh   lingkungan kerja   fisik   pada   Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Sintang.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Produktivitas ISSN: 2355-1038 (Print) ISSN: 2621-5098 (Online) adalah jurnal ilmiah yang dikelola Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Pontianak untuk mempublikasikan hasil riset/penelitian di bidang ekonomi dan bisnis khususnya ilmu Manajemen. Jurnal Produktivitas Terbit 2 ...