Journal On Teacher Education (Jote)
Vol. 4 No. 1 (2022): Journal on Teacher Education

Strategi Meningkatkan Minat Membaca Mahasiswa di Beberapa Universitas di Banten: Tinjauan Manajemen Pendidikan

Budi Ilham Maliki (Universitas Bina Bangsa)
Julina Julina (Universitas Bina Bangsa)
Dewi Syifa Septiani (Universitas Bina Bangsa)
Farhatul Ain (Universitas Bina Bangsa)
Basrowi Basrowi (Universitas Bina Bangsa)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Minat baca mahasiswa di Banten dapat dikatakan masih sangat rendah, hal ini dapat dilihat dari indek literasi masyarakat yang hanya 3,1%. Artinya, Ketika ada 100 masyarakat dewasa hanya ada 3,1 orang yang mempunyai kebiasaan membaca lebih dari 4 jam/hari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keterkaitan antara minat membaca mahasiswa dengan kualitas suatu daerah, baik di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, maupun peradaban yang dimiliki daerah tersebut. Metode penelitian adalah kualitatif dengan melakukan wawancara mendalam dan pengamatan partisipasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, minat baca mahasiswa di beberapa universitas di Banten dapat dikatakan masih rendah, hal itu karena banyak faktor internal dan eksternal. Faktor internal lebih karena minat, dorongan rasa keingintahuan, dan keinginan untuk maju. Faktor eksternal lebih dipengaruhi oleh teman, bimbingan orang tua, lingkungan dan lainnya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jote

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

The teacher education journal is a place for researchers to develop their competencies in the fields of research, education and community service. This journal is related to the world of general education such as early childhood education, educational psychology, primary school teacher education, ...