Solidarity: Journal of Social Studies
Vol. 1 No. 1 (2021): SOLIDARITY: Journal of Social Studies

Penggunaan Media Berbasis Teknologi Informasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS SMP Al-Furqon Tahun 2019/2020

Amanda Pratiwi (IAIN Jember)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2020

Abstract

  Learning media is a vehicle for channeling messages and learning information. In this globalization era, the development of instructional media is also increasingly advanced.. The purpose of this study was to determine the improvement of student learning outcomes and student responses to the use of information technology-based interactive learning media on Integrated Social Sciences subjects in class VIII students at SMP Al-Furqan Jember. This study uses the Classroom Action Research method by conducting two learning cycles with stages in each cycle including planning, action, observation, evaluation, and reflection. Student respons data was collected through questionnaires  which were then analyzed descriptively. The results of this study indicate there is an increase in student learning outcomes, this is indicated by the number of students who have completed in the first cycle of 65.52%, and the second cycle there are 93.10%  of students who have completed, and student responses obtained an average score of 41.72 with a positive category. The conclusion of this research with the use of information technology-based interactive learning media in class VIII at SMP Al-Furqan Jember gave a positive response with a significant increase in learning outcomes.   Media pembelajaran merupakan wahana penyalur pesan dan informasi belajar. Di era globalisasi ini, perkembangan media pembelajaran juga semakin maju. Penggunaan teknologi informasi sebagai media pembelajaran sudah merupakan suatu tuntutan yang mengharuskan setiap guru dan siswa memilliki keahlian khusus. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar siswa dan respons siswa terhadap penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis teknologi informasi pada mata pelajaran IPS Terpadu pada siswa kelas VIII di SMP Al-Furqan Jember. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas dengan melakukan dua siklus pembelajaran dengan tahapan dalam setiap siklus meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan evaluasi, serta refleksi. Data awal dilakukan pre-test dan data akhir diambil dari post-test (tes hasil belajar pada akhir) setiap siklus. Data respon siswa dikumpulkan melalui penyebaran angket/kuesioner yang kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat peningkatkan hasil belajar siswa, hal ini ditunjukkan dengan jumlah siswa yang telah tuntas pada siklus I sebesar 65,52%, jumlah siswa yang telah tuntas, dan respon siswa diperoleh skor rata-rata sebesar 41,72 dengan kategori positif. Kesimpulan dari penelitian ini dengan penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis Teknologi Informasi pada kelas VIII di SMP Al-Furqan Jember memberikan respons positif dengan peningkatan hasil belajar yang signifikan.  

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

solid

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

SOLIDARITY: Journal of Social Studies diterbitkan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember. Jurnal ini memuat manuskrip ilmiah pada kajian IPS, baik kajian literatur maupun kajian ...